Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Tol Solo-Kertosono Akhir April 2015

Kompas.com - 17/04/2015, 02:00 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk mengumumkan keberhasilan aksi akuisisi hak pengelolaan atas ruas tol Solo-Ngawi-Kertosono dalam proyek Tol Trans-Jawa. 

Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman mengatakan, akuisisi dilakukan atas proyek ruas jalan tol sepanjang 177,12 km dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebelumnya, PT Thiess Contractors Indonesia (TCI) setelah lama tertunda pembangunannya. 

"Kami sudah menyelesaikan proses akuisisi proyek ruas tol Solo-Kertosono demi realisasi percepatan pembangunan Tol Tran-Jawa pada tahun 2018. Setelah ini kami akan buat Akte Jual Beli (AJB), lalu diikuti dengan perubahan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang baru," ujar Aditya dalam diskusi bertema 'Mendorong Percepatan Ekonomi Melalui Percepatan Penyelesaian Jalan Tol Trans Jawa & Aneka Permasalahannya" di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Aditya menjelaskan, Jasa Marga dan Waskita Karya menghabiskan dana akuisisi sebesar Rp 439 miliar.  "Nilai tersebut kami keluarkan untuk membeli saham PT TCI sebanyak 95 persen. Ada pun kepemilikan saham Jasa Marga sebesar 60 persen. Sedangkan Waskita Karya mendapatkan saham sebesar 40 persen," lanjut Aditya.

Dia juga mengungkapkan, proses groundbreaking untuk pembangunan ruas tol Solo-Kertosono akan diselenggarakan pada akhir April 2015, oleh Presiden Joko Widodo.

"Pembebasan lahan untuk ruas tol Solo-Kertosono sudah mencapai 80 persen. Proses konstruksinya sendiri akan segera dimulai. Tender untuk kontraktornya juga akan dilakukan secara simultan dalam waktu dekat ini," tandas Aditya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com