Konstruksi Tol Solo-Kertosono Akhir April 2015

Kompas.com - 17/04/2015, 02:00 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk mengumumkan keberhasilan aksi akuisisi hak pengelolaan atas ruas tol Solo-Ngawi-Kertosono dalam proyek Tol Trans-Jawa. 

Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman mengatakan, akuisisi dilakukan atas proyek ruas jalan tol sepanjang 177,12 km dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebelumnya, PT Thiess Contractors Indonesia (TCI) setelah lama tertunda pembangunannya. 

"Kami sudah menyelesaikan proses akuisisi proyek ruas tol Solo-Kertosono demi realisasi percepatan pembangunan Tol Tran-Jawa pada tahun 2018. Setelah ini kami akan buat Akte Jual Beli (AJB), lalu diikuti dengan perubahan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang baru," ujar Aditya dalam diskusi bertema 'Mendorong Percepatan Ekonomi Melalui Percepatan Penyelesaian Jalan Tol Trans Jawa & Aneka Permasalahannya" di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Aditya menjelaskan, Jasa Marga dan Waskita Karya menghabiskan dana akuisisi sebesar Rp 439 miliar.  "Nilai tersebut kami keluarkan untuk membeli saham PT TCI sebanyak 95 persen. Ada pun kepemilikan saham Jasa Marga sebesar 60 persen. Sedangkan Waskita Karya mendapatkan saham sebesar 40 persen," lanjut Aditya.

Dia juga mengungkapkan, proses groundbreaking untuk pembangunan ruas tol Solo-Kertosono akan diselenggarakan pada akhir April 2015, oleh Presiden Joko Widodo.

"Pembebasan lahan untuk ruas tol Solo-Kertosono sudah mencapai 80 persen. Proses konstruksinya sendiri akan segera dimulai. Tender untuk kontraktornya juga akan dilakukan secara simultan dalam waktu dekat ini," tandas Aditya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X