Kompas.com - 14/10/2014, 10:51 WIB
Supermall Pakuwon Indah, Surabaya, Jawa Timur. www.acset.coSupermall Pakuwon Indah, Surabaya, Jawa Timur.
|
EditorLatief

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) berhasil merampungkan akuisisi 67,1 persen kepemilikan PT Pakuwon Permai (PP) pada 10 Oktober dengan nilai Rp 2.343 miliar. Akuisisi tersebut dibiayai dari hasil bersih (net proceed) penerbitan Surat Utang yang dilaksanakan perseroan bulan Juli 2014 lalu sebesar 200 juta dollar AS.

PP merupakan pemilik dan pengembang superblok Supermal Pakuwon Indah, pusat belanja Royal Plaza (keduanya di Surabaya), pusat belanja Blok M Plaza, dan apartemen servis Somerset Berlian (keduanya di Jakarta).

Presiden Komisaris PWON, Alexander Tedja, mengatakan, aset PP berada di lokasi strategis di Jakarta dan Surabaya yang didukung dengan tenancy kuat dan tingkat kunjungan yang tinggi.  

"Akuisisi ini sejalan dengan strategi perseroan, selain itu juga manfaat dari proyek dalam pengembangan (pipeline project) yang solid, memberikan keseimbangan pertumbuhan recurring dan development revenue ke depan," ujar Alexander dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Alexander berharap, akuisisi PP dapat langsung meningkatkan luas pusat perbelanjaan ritel PWON sebesar 53 persen dari 334.000 meter persegi, menjadi 512.000 meter persegi dan kamar hotel sebesar 41 persen menjadi 506 kamar dari dari sebelumnya 359 kamar. 

Berdasarkan kinerja keuangan PP semester I 2014, kontribusi pertumbuhan recurring revenue PWON akan tumbuh 22 persen. Ke depan, proyek dalam dalam pengembangan PP sejalan dengan strategi PWON yang tumbuh seimbang antara recurring dan development revenue.

PP sendiri saat ini sedang melaksanakan konstruksi perluasa Supermal Pakuwon Indah tahap 2 dan 3, yang terdiri atas pusat perbelanjaan ritel, tiga menara kondominium, satu menara serviced apartment Ascott, hotel bintang 5 Pullman dan hotel bintang 3 Ibis Styles. 

Setelah perluasan tahap 2 dan 3 selesai, pusat perbelanjaan ritel Supermal Pakuwon Indah akan menjadi yang terbesar di Indonesia dengan luas nett leaseable area (NLA) sekitar 167.000 meter persegi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.