Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yakin Mau Beli Furnitur Secara Online?

Kompas.com - 19/07/2014, 13:58 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Internet membuka banyak kemungkinan. Di tangan yang tidak bertanggung jawab, internet memang bisa disalahgunakan. Namun, bagi masyarakat yang bijak, internet membuka kesempatan mendapatkan pendidikan murah, inspirasi, dan peluang bisnis.

Salah satu bentuk peluang bisnis yang memanfaatkan internet adalah toko online. Saat ini, tidak sedikit perusahaan menjajakan produknya lewat internet. Timbullah pertanyaan baru, apakah hal ini aman?

Editor-at-large Domaine, Estee Stanley, juga menyadari hal itu. Menurut dia, kehadiran toko online di satu sisi mengembangkan generasi yang gemar membeli barang secara impulsif. Tanpa mengecek kebenaran, detil, dan kualitas, generasi ini rela mengeluarkan banyak uang.

Di sisi lain, toko online juga mempermudah adanya transaksi. Karena itu, Stanley menekankan calon konsumen untuk mencari banyak informasi sebelum membeli furnitur. Berikut ini beberapa hal yang disarankan Stanley untuk Anda.

Anthropologie Situs Anthropologie yang menawarkan banyak furnitur istimewa.

Pertama, Anda sebaiknya mengetahui "kelemahan" Anda. Bagi Anda yang suka mengoleksi atau tertarik dengan desain-desain furnitur, maka toko penjual furnitur adalah kelemahan Anda. Begitu juga dengan Anda yang tertarik dengan dunia fesyen.

"Bahkan foto yang mendetil bisa menyesatkan dan dimanfaatkan sebagai alat marketing. Jangan terpedaya. Berhati-hatilah dengan foto yang mungkin saja sudah diedit dan warna di layar pun tidak selalu akurat," ujar Stanley.

Menurut sang editor dan desainer interior, Anda juga perlu mengetahui apakah Anda membutuhkan bantuan profesional untuk memasang furnitur sebelum transaksi berlangsung. Ketersediaan spare part juga perlu Anda pertanyakan.

Kedua, perhatikan bahan furnitur. Cobalah lebih kritis dan tidak mudah percaya dengan penawaran lewat internet. Bahan murah yang dijual mahal akan sangat merugikan Anda.

Ketiga, perhatikan ukuran furnitur. Tidak banyak orang yang bisa memperkirakan ukuran furnitur hanya dengan melihat foto. Karena itu, perhatikan data mengenai ukuran furnitur yang disediakan dalam situs penjualan furnitur.

Terakhir, Stanley menganjurkan Anda mempertimbangkan penggunaan jasa toko online yang memiliki gerai atau toko fisik. Dengan cara ini, Anda bisa mengecek langsung ke toko jika tidak yakin dengan kualitas barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com