Kompas.com - 17/06/2014, 17:36 WIB
One Hyde Park dipasarkan hanya di kalangan super kaya, termasuk para sheik Arab. Tahun lalu salah satu apartemen di kompleks itu dipasarkan senilai 65 juta poundsterling. Sementara itu, sepuluh flat di Shard dibanderol seharga antara 30 juta poundsterling sampai 50 juta poundsterling. www.dailymail.co.ukOne Hyde Park dipasarkan hanya di kalangan super kaya, termasuk para sheik Arab. Tahun lalu salah satu apartemen di kompleks itu dipasarkan senilai 65 juta poundsterling. Sementara itu, sepuluh flat di Shard dibanderol seharga antara 30 juta poundsterling sampai 50 juta poundsterling.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Melejitnya harga properti di London, dianggap sebagai surga dan ladang investasi menarik buat orang-orang kaya dunia. Tak mengherankan, investor lintas negara mengincar properti di ibukota Inggris ini sebagai instrumen investasi mereka.

Betapa tidak, kondisi aktual harga properti telah meroket 14,5 persen pada Juni ini. Padahal tahun sebelumnya, harga rerata hanya 1 juta dollar AS atau Rp 11,8 miliar. Lonjakan harga ini didorong oleh rendahnya tingkat suku bunga dan masuknya investasi asing secara individual akibat kekacauan politik di negara amsing-masing. Banyak dari mereka berasal dari Russia, Ukraina, India, dan lain sebagainya.

Wali Kota London, Boris Johnson mengatakan, tingginya harga properti di London justru merupakan hal yang tepat untuk dimiliki oleh kalangan tajir internasional. Kota ini adalah jawaban bagi investor asal Amerika Serikat atau negara lain di Eropa.

"Masuknya orang asing kaya membuat harga properti di London sangat mahal," ujar Boris.

Pada Juni ini, harga rumah di 17 wilayah dari 32 wilayah London berada di atas angka rerata. Di empat wilayah nilai rerata lebih dari 1 juta poundtserling (Rp 20 miliar). Sementara Kensington dan Chelsea, merupakan wilayah dengan properti paling mahal se-Inggris yakni 2,380 juta poundsterling (Rp 47,7 miliar).

"London telah mengubah budaya dan filosofis Uni Eropa. London adalah tempat tujuan semua orang dan tempat yang tepat untuk berkumpul. Inggris perlu mengubah sikap terhadap orang-orang kaya ini," tandas Boris.

Jika Boris mendorong masuknya investor dan orang-orang asing, Perdana Menteri Inggris, David Cameron, justru bersikap sebaliknya. Ia telah berjanji akan mengurangi imigran. Pasalnya migrasi bersih ke Inggris terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun lalu tercatat 212.000 orang, naik dari 177.000 pada tahun 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.