Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Properti Jakarta Masih Termahal di Indonesia

Kompas.com - 17/06/2014, 11:54 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki kuartal II 2014, harga properti Jakarta masih yang termahal di seluruh Indonesia. Harga rerata properti, khususnya apartemen, mencapai Rp 24,6 juta per meter persegi dengan perubahan per tahun sebesar 13 persen.

Posisi kedua ditempati Surabaya dengan harga rerata menembus angka Rp 21 juta per meter persegi dan mengalami pertumbuhan sekitar 8 persen per tahun.

Berdasarkan hasil riset Lamudi, situs pencarian properti global, selain Jakarta, dan Surabaya, terdapat sepuluh kota lainnya yang disurvey yakni Manado, Tangerang, Depok, Semarang, Bekasi, Balikpapan, Bogor, Samarinda, Kendari, dan Medan.

Bogor, Manado, dan Balikpapan, memperlihatkan tren menarik dalam dinamika harga. Ketiga kota ini mengalami pertumbuhan signifikan masing-masing sebesar 19 persen, 19 persen, dan 18 persen per tahun.

Harga rerata properti di Bogor saat ini berada pada posisi Rp 11 juta per meter persegi. Sementara harga rerata properti di Manado mencapai level Rp 16,7 juta per meter persegi, dan Balikpapan menembus angka Rp 11,1 juta per meter persegi.

Riset Lamudi juga memperlihatkan kenaikan harga tertinggi terjadi pada properti tipikal tertentu. Di Jakarta, properti tipe satu kamar tidur mengalami lonjakan harga tertinggi sebesar 39 persen menjadi rerata Rp 23,6 juta per meter persegi.

Sedangkan di Bogor, properti dua kamar tidur menunjukkan tren meningkat 48 persen menjadi Rp 11,4 juta per meter persegi. Demikian halnya dengan Balikpapan, properti dua kamar tidur meroket 41 persen menjadi rerata Rp 10,1 juta per meter persegi.

Manado juga menunjukkan tren serupa yakni melejit 48 persen untuk properti dua kamar tidur dengan harga Rp 17,3 juta per meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com