Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2014, 18:11 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Setelah mengurai kemacetan, bosan dengan kebisingan, dan lelah bekerja seharian di tengah kota, rasanya tidak ada hal lain lebih menyenangkan selain berada di rumah. Membuka jendela, duduk di teras, atau santai di ruang tamu yang nyaman di rumah seperti obat mujarab dari rutinitas yang melelahkan hidup di kota. Bukalah jendela, dan bernapaslah dengan lega bahwa Anda sudah berada di rumah sekarang!

Hidup di perkotaan yang dinamis memang menarik dan memperkaya diri dengan beragam wawasan, tetapi hal itu juga menguras fisik dan psikis Anda. Khususnya, jika sepulang ke rumah, Anda menjumpai ruangan-ruangan penuh sesak dengan banyak barang, tetangga yang berisik, atau klakson mobil dan knalpot motor setiap saat. 

www.houzz.com Kenyamanan hidup di rumah memang seolah
Membayangkan semua itu, kenyamanan hidup di rumah memang seolah "surga". Sekali saja Anda mendengar dari jendela kamar, betapa berisiknya tetangga yang tengah menyetel musik keras-keras, rasanya dunia mau pecah! 

Sulitkah menemukan "surga" itu di tengah kota? Di rumah Anda sendiri, tentu saja? Nah, berikut 10 ide yang mungkin bisa membantu Anda memperoleh kembali "surga" itu di rumah Anda, di setiap sudut ruang milik Anda dan keluarga. 

1. Palet warna yang tenang

Banyaknya stimulasi visual di jalan-jalan kota bisa menjadi pemicu Anda untuk selekasnya pulang ke tempat yang tenang dan tenteram, dan itu tentu saja rumah Anda. Warna di dinding rumah Anda bisa menciptakan ketenangan. Maka, pikirkan nuansa abu-abu keperakan, biru, nuansa kayu alami, dan bersihnya nuansa putih. Warna sage lembut hijau atau pink yang hangat juga bisa menenangkan pikiran Anda.

www.shutterstock.com Tirai jendela sangat penting Anda perhatikan di kamar tidur, terutama jika Anda mengalami kesulitan tidur hanya gara-gara cahaya lampu jalan atau tiang listrik yang masuk ke kamar Anda sepanjang malam. Jika
2. Penutup jendela

Untuk wilayah dapur dan ruang-ruang lain, tempat urusan privasi tidak banyak mendapatkan perhatian, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan tirai kafe. Anda harus menutupi bagian bawah jendela ruangan-ruangan ini agar memberikan rasa privasi tinggi, rasa yang paling Anda inginkan. Namun, jangan lupa, itu bukan berarti Anda menutupnya rapat-rapat dari cahaya sinar matahari pada siang hari.

Tirai jendela di kamar tidur sangat penting Anda perhatikan, terutama jika Anda mengalami kesulitan tidur hanya gara-gara cahaya lampu jalan atau lampu di tiang listrik yang masuk ke kamar Anda sepanjang malam. Jika posisi rumah tetangga sangat berdekatan, maka Anda juga mungkin ingin untuk menutup jendela besar dengan tirai berpenutup rapat yang dapat ditarik pada siang hari.

www.houzz.com Kehidupan sehari-hari di kota cenderung melibatkan banyak bahan buatan, plastik dan logam. Maka, menggabungkan berbagai tekstur dan bahan alami ke dalam rumah Anda akan membantu Anda menghidupkan kembali jiwa Anda dari kebosanan.
3. Kedap suara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+