Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Pilihan Warna Favorit untuk Anda!

Kompas.com - 05/02/2014, 13:33 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Warna apel tua, biru muda, abu-abu tua, serta abu-abu muda bisa menjadi pilihan menarik untuk dekorasi rumah Anda, terutama yang tengah bingung memilih warna. Keempat warna ini cukup keren, menarik, dan tidak terlihat kaku.

Selain memberikan ketenangan, warna-warna kompleks ini juga dapat dengan mudah berdiri sendiri di sebuah ruangan. Namun, mereka dapat bekerja dengan baik sebagai warna netral atau dapat dipasangkan dengan warna lain dengan aksen yang berani.

Apel tua

Hijau apel adalah warna penuh semangat, selain tentu saja bersih dan nyaman. Hadirnya warna ini tidak menantang atau mengganggu mata karena teduh dan nyaman sehingga fleksibel digunakan di berbagai ruang, termasuk untuk dapur dan kamar mandi, untuk kamar tidur, dan ruang keluarga.

Warna ini juga merupakan pilihan yang baik untuk Anda yang berencana membuat konsep ruangan terbuka. Dengan konsep ini, orang biasanya hanya ingin memakai satu warna pemersatu yang tidak begitu tegas tapi mampu mengambil alih perhatian dari seluruh ruangan yang ada di rumah.

Warna apel tentu menanamkan kesegaran dan menghadirkan suasana bersih ketika dipasangkan dengan aksen kayu ringan dan warna putih. Untuk dapur, padanan ini sangat menarik, apalagi ruangan dipenuhi banyak cahaya alami dari jendela.

Atau, Anda menggunakannya sebagai latar belakang warna aksen tegas, seperti oranye kemerahan. Karena kualitas warnanya begitu tenang, warna hijau apel tidak akan berbenturan atau bersaing dengan elemen dekoratif yang memiliki warna lebih kuat.

www.houzz.com Biru ini memiliki tanda-tanda sedikit hijau dan sedikit abu-abu. Nuansanya juga tampak menyegarkan ketika dipasangkan dengan warna putih. Sebaliknya, untuk kesan dramatis, Anda bisa memasangkan warna ini dengan aksen merah, emas, atau hijau.
Biru muda

Biru ini memiliki tanda-tanda sedikit hijau dan sedikit abu-abu. Nuansanya juga tampak menyegarkan ketika dipasangkan dengan warna putih. Sebaliknya, untuk kesan dramatis, Anda bisa memasangkan warna ini dengan aksen merah, emas, atau hijau.

Sebetulnya, biru muda juga bisa tampil cantik jika digunakan sebagai aksen kecil, yaitu sebagai warna transisi antara biru gelap dan nuansa lebih ringan seperti warna putih. Untuk tampilan dramatis lain, Anda bisa memadankan warna ini dengan kayu gelap dan warna merah.

Untuk Anda yang memiliki ruangan dengan desain minimalis yang memiliki hanya beberapa elemen dekoratif, warna ini cocok Anda gunakan. 

www.houzz.com Tentu saja favorit, terutama untuk orang yang memiliki rumah dengan nuansa putih atau krem, tetapi ingin rumah mereka terang dan netral dengan sentuhan kehangatan. Abu-abu tua sangat cocok!
Abu-abu tua

Dari keempat warna disebutkan di atas, abu-abu tua terbilang sebagai warna favorit. Kenapa begitu? Tentu saja favorit, terutama untuk orang yang memiliki rumah dengan nuansa putih atau krem, tetapi ingin rumah mereka terang dan netral dengan sentuhan kehangatan. Abu-abu tua sangat cocok!

Hadirnya warna ini di ruangan memang sedikit lebih hidup daripada nuansa putih. Rasanya lebih segar dan modern, tetapi tetap ringan dan menenangkan.

Abu-abu tua juga merupakan warna latar belakang yang hebat untuk disandingkan dengan warna lain yang lebih tegas. Kehadiran warna ini tidak akan bersaing untuk mendapatkan perhatian dengan salah satu elemen warna lain yang berani di ruangan Anda.

www.houzz.com Abu-abu muda tergolong warna yang cukup dalam. Alhasil, jika Anda menggunakannya dalam dosis besar, pastikan Anda mempertimbangkan kuantitas dan kualitas cahaya di dalam ruangan agar ruangan tidak terasa suram dan gelap seperti di gua.
Abu-abu muda

Banyak orang mengaku tak bosan dengan warna ini di rumahnya. Pasalnya, ini adalah salah satu warna netral yang akan bekerja sama dengan berbagai warna lainnya untuk mempercantik rumah Anda.

Warna ini sedikit memiliki nuansa coklat yang memberikan kehangatan. Anda bisa mengaplikasikannya dengan tetap menjadikan sebagai palet netral dan memasangkannya dengan nuansa lain abu-abu hangat serta warna putih.

Namun, abu-abu muda tergolong warna yang cukup dalam. Alhasil, jika Anda menggunakannya dalam dosis besar, pastikan Anda mempertimbangkan kuantitas dan kualitas cahaya di dalam ruangan agar ruangan tidak terasa suram dan gelap seperti di goa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com