Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Material dan Teknik Tradisional Hasilkan Rumah Futuristik

Kompas.com - 11/01/2014, 11:58 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Bangunan unik yang disebut dengan "Brick House" atau "Rumah Bata" ini berada tidak jauh dari kota Mumbai, India.

Sulit membayangkan bangunan dengan bentuk yang tidak lazim tersebut merupakan sebuah hunian. Namun, itulah kenyataannya. Rumah yang dibangun oleh perusahaan asal Mumbai, i.STUDIO Architecture tersebut, menawarkan banyak hal bagi penghuninya. 

 
Mulai dari sisi melengkung pada rumah ini, hingga bangunan yang mengalir ke angkasa, semuanya dibuat dengan menggunakan teknik membangun rumah tradisional. Selain unik, ternyata biaya pembangunan rumah ini bisa ditekan berkat penggunaan material alternatif.
 
www.designboom.com Setiap bagiannya melengkung dan membentuk komposisi yang menarik secara visual. Banyak bukaan sehingga memungkinkan sinar mentari memantulkan cahaya indah.
Hampir mustahil menemukan sudut menyiku dalam rumah tersebut. Setiap bagiannya melengkung dan membentuk komposisi yang menarik secara visual. Selain itu, banyaknya "bukaan" membuat sinar matahari dan udara segar mampu memenuhi bagian dalam rumah ini. Permainan cahaya dan bayangan di dalam rumah menjadi daya tarik tersendiri.

Memasuki rumah ini, cahaya matahari lembut akan turun tepat ke jantung rumah dan membuat kolam yang ada di tengah-tengah rumah memantulkannya. Dengan pengaturan ini, penghuni rumah seolah diajak menikmati alam dari dalam rumah. Dari tempat tersebut juga bisa tampak pemandangan berupa perkebunan dan bukit di dekatnya. 
 
www.designboom.com Pengaturan rumah ini merupakan respon langsung dari iklim setempat. Tidak hanya bentuk rumah secara keseluruhan, namun pemilihan posisi ruang-ruang. Misalnya, dapur menjadi penghubung rumah ini, sementara kamar tidur dan ruang kerja berada di lantai atas.
Pengaturan rumah ini merupakan respons langsung dari iklim setempat. Tidak hanya bentuk rumah secara keseluruhan, tetapi juga pemilihan posisi ruang-ruang. Misalnya, dapur menjadi penghubung rumah ini, sementara kamar tidur dan ruang kerja berada di lantai atas. 
 
Ada beberapa hal sederhana yang bisa segera disadari, misalnya pengaturan batu bata untuk memberikan celah-celah kecil sebagai jendela untuk rumah ini, bambu-bambu untuk pintu, serta berbagai warna menarik dari berbagai material alami, termasuk batu bata berwarna mencolok untuk dinding. Batu-batu bata yang berasal dari Gujarat tersebut diatur sedemikian rupa hingga jendela tidak memerlukan kaca atau daun jendela.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com