Salin Artikel

Pemerintah Segera Bangun RS Corona Berkapasitas 1.000 Pasien

Hal tersebut diungkapkan Basuki saat meninjau lokasi eks Camp Vietnam bersama rombongan Panglima TNI di Galang, Batam, Rabu (4/3/2020).

“Kami sudah cek dan lihat berbagai fasilitas yang ada sudah cukup memadai. Fasilitas listrik, air, dan bekas gedung rumah sakit juga sudah ada. Nanti tinggal kami perbaiki dan lakukan renovasi,” ucap Basuki.

Basuki melanjutkan, setelah melakukan peninjauan, pembangunan akan segera dimulai. Hal tersebut sejalan dengan kondisi fasilitas yang telah dimiliki.

“Kami rehab ini, mudah-mudahan tidak lama. Sebab, sebagian infrastruktur sudah ada,” terang Basuki.

Basuki menjamin, pembangunan rumah sakit terintegrasi virus Corona tak mengabaikan warga sekitar, seperti suplai kebutuhan warga dari eks Camp Vietnam tersebut.

Untuk rencana pembangunan, Kementerian PUPR sudah berkoordinasi dan berbincang dengan pengelola eks Camp Vietnam.

Sementara itu, setelah melakukan peninjauan langsung lokasi eks Camp Vietnam tersebut, Basuki akan membahas rencana pematangan seluruh rangkaian pembangunan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menambahkan, kapasitas rumah sakit sebanyak 1.000 orang pasien. 

“Untuk kapasitas rumah sakit yang akan kita bangun nantinya mampu menampung 1.000 pasien dengan ratusan jumlah kamar,” ujar Hadi.

Sebanyak dua persen dari total jumlah kamar atau 50 kamar didedikasikan khusus untuk ruang isolasi yang disesuaikan dengan protokol Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

Dipilihnya Pulau Galang sebagai lokasi rumah sakit terintegrasi virus Corona bukan tanpa alasa.

Menurut Hadi, lokasi Pulau Galang sangat strategis, dekat dengan Bandara Hang Nadim. Bisa ditempuh dengan waktu lebih kurang 1 jam.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyatakan kesiapannya dan mendukung pembangunan rumah sakit khusus pasien Corona.

"Rumah Sakit khusus Corona dibutuhkan karena untuk meminimalisasi penularan dari pasien suspect Covid-19 (Corona)," ucap Amsakar di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (4/3/2020).

Terkait adanya penolakan masyarakat Kecamatan Galang, Amsakar mengatakan siap menanganinya dengan sosialisasi menyeluruh dan maksimal.

"Terkait penolakan warga Galang soal permasalahan sumber air, Pemerintah dalam hal ini Menteri PUPR sudah memperhatikan untuk kelengkapannya," kata Amsakar.

 

 

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul "RS Khusus Corona Dibangun di Batam, Menteri PUPR: Gedung Rumah Sakit Sudah Ada Tinggal Direnovasi" 

 

Penulis: Beres Lumban Tobing l Editor: Tri Indaryani

https://properti.kompas.com/read/2020/03/05/200240321/pemerintah-segera-bangun-rs-corona-berkapasitas-1000-pasien

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.