Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pastikan Brebes Siap Hadapi Macet Mudik Lebaran 2016

Kompas.com - 25/05/2016, 21:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan Kabupaten Brebes siap hadapi macet mudik Lebaran 2016. 

Kabupaten Brebes sendiri merupakan salah satu ruas utama dari Jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa yang menjadi pilihan dan selalu dilintasi pemudik.

Karena itu, pihaknya telah menyiapkan skenaro untuk mengurai kemacetan dengan membangun dan memperbaiki jalur-jalur alternatif di lintas tengah dan selatan.

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah juga tengah membangun dan menangani perlintasan sebidang di jalur-jalur utama dan alternatif.

Ganjar menargetkan, perbaikan jalur alternatif, dan pembangunan perlintasan sebidang tersebut siap digunakan pada awal Puasa.

"Macet adalah eksotisme dari mudik. Saya tidak bisa larang teman-teman membeli sepeda motor atau mobil untuk digunakan saat mudik. Jadi pasti macet itu. Tapi saya pastikan Kabupaten Brebes siap untuk itu," tutur Ganjar saat bertandang ke kantor redaksi Kompas.com, Rabu (25/5/2016).

Kabupaten Brebes, kata Ganjar, dipusatkan sebagai titik utama dalam persiapan mudik Lebaran secara Nasional.

Terlebih, Seksi I dan II dari ruas Tol Pejagan-Pemalang yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa juga akan diresmikan segera guna dapat dioperasikan saat mudik nanti.

Pemprov Jawa Tengah, kata Ganjar, fokus pada pembenahan infrastruktur. Karena, menurut dia, masalah utama di provinsi ini adlaah infrastruktur.

"Karena itu, saya menaikkan anggaran infrastruktur untuk jalan dan jembatan sebesar 300 persen dari Rp 700 miliar menjadi Rp 2,4 triliun setiap tahun," tandas Ganjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com