Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Terjangkung di Hongkong Dihiasi Pesan Rahasia

Kompas.com - 21/05/2016, 15:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

HONGKONG, KOMPAS.com - Selama tiga malam terakhir, International Commerce Center, pencakar langit terjangkung di Hongkong "disusupi" pesan rahasia di seantero tubuh bangunannya.

Pesan rahasia itu muncul di fasad gedung setinggi 118 lantai tepat setelah pukul 21:30 dan menampilkan sembilan digit angka yang tak diketahui maknanya.

Warga Hongkong lantas menebak-nebak makna yang ada di balik sembilan digit angka tersebut.

Hingga akhirnya semua itu terkuak. Maksud dari kesembilan angka itu adalah detik hitung mundur menuju 1 Juli 2047.

Lantas ada apa dengan 1 Juli 2047?

Tanggal itu merupakan akhir dari aturan "satu negara, dua sistem" penyusunan dengan Kota Beijing, China yang memberikan kebebasan semi otonom kota di China Daratan.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana sebenarnya hitung mundur tersebut bisa muncul begitu saja di layar publik paling terkemuka di pusat kota Hongkong yang dibangun oleh raksasa properti lokal Sun Hung Kai?

Jawabannya adalah karena hitung mundur tersebut merupakan sebuah karya seni bagian dari pameran media seni publik skala besar yang disebut "Human Vibrations."

Adapun upaya tersebut diperintahkan oleh Hongkong Arts Development Council (HKADC) atau Dewan Pengembangan Seni Hongkong buatan pemerintah.

"Hongkong kini memiliki kecemasan dan sebuah diskusi politik terkaitnya nasib setelah 2047," kata salah satu kreator pesan di International Commerce Center, Sampson Wong.

Bersama Jason Lam, Wong menciptakan tampilan tersebut. Wong lantas bertanya skeptis apakah demokrasi akan tetap terjadi setelah 2047 sementara pada 2014 mereka gagal membawa demokrasi dengan Umbrella Movement.

"Apa yang kami lakukan ini adalah untuk mengekplorasi pertanyaan dan juga menentukan nasib diri kami sendiri," tambahnya.

Kendati begitu, HKADC mengatakan bahwa pandangan dan opini yang diekpresikan seniman tersebut tidak merepresantasikan tujuan HKADC.

"Jika di sana terdapat pesan tersembunyi, dapat dipastikan itu merupakan ide personal sang seniman," ungkap mereka.

Sedangkan perwakilan Sun Hung Kai Properties menyatakan mereka sama sekali tidak terlibat dalam proses seleksi dan kurasi karya seni tersebut.

Tampil pertama pada Selasa (17/5/2016), instalasi animasi dan pesan tersembunyi itu dijadwalkan terus "mengudara" setiap malam hingga 22 Juni 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com