Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Gelar Kota Desain UNESCO, Bandung Setara Detroit

Kompas.com - 29/12/2015, 10:06 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova, mengumumkan penunjukan 47 kota dari 33 negara sebagai anggota baru dari UNESCO Creative Cities Network.

Hasil penilaian tahun ini menjadi saksi peningkatan dalam hal keragaman dan representasi geografis dengan 22 kota dari negara yang tidak terwakili sebelumnya.

UNESCO Creative Cities Network merupakan potensi besar untuk menegaskan peran budaya sebagai alat pembangunan berkelanjutan.

"Saya ingin mengakui banyak kota baru dan negara-negara yang memperkaya jejaring dengan keanekaragaman mereka," ujar Iriana Bokova, saat UNESCO merayakan ulang tahun ke-10 Konvensi tentang Perlindungan dan Promosi Keanekaragaman Ekspresi Budaya, Jumat (11/12/2015).

Diluncurkan pada tahun 2004, UNESCO Creative Cities Network sekarang terdiri atas 116 kota di seluruh dunia.

Tujuan kegiatan ini adalah mendorong kerjasama internasional dengan dan antar-kota agar berkomitmen untuk berinvestasi dalam bidang kreativitas sebagai poros penggerak pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, inklusi sosial dan semangat budaya.

Bergabung dengan UNESCO Creative Cities Network, kota-kota berkomitmen untuk berkolaborasi dan mengembangkan kemitraan dengan maksud mempromosikan kreativitas dan industri budaya.

Selain itu, juga untuk berbagi praktik terbaik, memperkuat partisipasi dalam kehidupan budaya, dan mengintegrasikan budaya dalam strategi pembangunan ekonomi dan sosial.

UNESCO Creative Cities Network memiliki tujuh bidang kreatif yang dikelola secara berkelanjutan, yakni kerajinan dan kesenian rakyat, desain, film, gastronomi, sastra, media dan seni musik.

Bandung masuk dalam kategori desain bersama dengan Budapest (Hungaria), Kaunas (Lithuania), Puebla (Meksiko), Singapura (Singapura), dan Detroit (Amerika Serikat).

Gelar ini merupakan suatu kehormatan sekaligus pengakuan terhadap suatu kota yang memiliki warisan desain dan komitmen untuk mempromosikan industri budaya dan kreatif.

Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, perjalanan Kota Bandung mendapatkan penghargaan itu cukup terjal.

Kota Bandung harus menunggu sampai tiga tahun hingga gelar itu diumumkan pada tanggal 11 Desember 2015 lalu.

"Kita menunggu tiga tahun mendaftar saat saya belum jadi wali kota itu tahun 2012. Tahun lalu gagal karena ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Alhamdulillah tahun ini dapat anugerah itu," kata Ridwan Kamil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com