Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok dan Korut Bangun Jembatan Bersama

Kompas.com - 27/05/2014, 19:36 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah ketegangan dunia dengan tensi meninggi akibat pengujian program nuklir Korea Utara, konstruksi baru jembatan yang menghubungkan negeri itu dengan Tiongkok justru telah dimulai.

Kantor berita Xinhua, Selasa (27/5/2014), melaporkan, jembatan sepanjang 804 meter yang membentang di atas Sungai Tumen dan memisahkan kedua negara tersebut menelan biaya 21,93 juta dollar AS atau setara Rp 253,8 miliar.

Jembatan tersebut akan menggantikan struktur lama yang dibangun pada tahun 1938. Selain sebagai infrastruktur penghubung, kedua negara ini merancangnya sebagai obyek wisata. N

Selain Jembatan tumen, nantinya juga akan dikembangkan beberapa jalur dan jaringan kereta api serta jembatan lainnya yang menghubungkan kedua negara. Jembatan Tumen sendiri direncanakan beroperasi pada 2016 mendatang.

Komoditas dan penduduk yang melintasi perbatasan seperti mineral yang diimpor oleh Tiongkok, dan barang mewah yang diekspor ke Pyongyang akan melewati jembatan ini.

Tiongkok merupakan sekutu dan mitra dagang paling penting bagi Korea Utara. Oleh karena itu, saat pengujian program nuklir berlangsung, Tiongkoklah yang membela Korea Utara. Demikian juga saat Pyongyang mendapat kritik tajam mengenai hak asasi manusia, Beijing membelanya di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com