Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... "Masterplan" Bandara Internasional Abu Dhabi yang Cantik!

Kompas.com - 21/11/2013, 11:41 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Hadir untuk menjadi pintu gerbang menuju ibu kota Uni Emirat Arab, Kohn Pedersen telah mengembangkan lini tengah kompleks Bandara Internasional Abu Dhabi. Kohn merancang skema integral Kota 2030.

Kohn berencana mengubah padang pasir menjadi rancangan yang ia sebut dengan "Taman dari Teluk". Dengan begitu, upaya Kohn bisa menyediakan infrastruktur bagi masyarakat, baik secara sosial kohesif maupun berkelanjutan secara ekonomi.

www.designboom.com Cantik, tentu saja. Karena pada malam hari, Kohn membuat struktur transparan yang menyala dengan siluet langit.
Awalnya, Kohn merancang proyek untuk memenuhi 30 juta penumpang per tahun atau sekitar 8.500 wisatawan per jam. Untuk itu, ia menaikkan permukaan tanah sehingga bisa terlihat dari jarak 1.500 meter.

Cantik, tentu saja. Sebab, Kohn membuat struktur transparan yang menyala pada malam hari dengan siluet langit. 

www.designboom.com Ruang keberangkatan utama adalah volume bangunan tinggi mencapai 50 meter. Pada bagian ini Kohn menggunakan bentang panjang bersandar lengkungan untuk menciptakan kesan ringan dan nyaman pada ruangan.
Sementara itu, ruang keberangkatan utama adalah volume bangunan tinggi mencapai 50 meter. Pada bagian ini, Kohn menggunakan bentang panjang bersandar lengkungan untuk menciptakan kesan ringan dan nyaman pada ruangan.

www.designboom.com Kohn juga menciptakan perpaduan cantik dengan memasukkan sebuah galeri seni dan taman dalam ruang seluas 8.400 meter persegi yang dilengkapi dengan 28.000 meter persegi gerai ritel.
Tak hanya itu. Kohn juga menciptakan perpaduan cantik dengan memasukkan sebuah galeri seni dan taman dalam ruang seluas 8.400 meter persegi yang dilengkapi dengan 28.000
meter persegi gerai ritel.

www.designboom.com Kohn memanfaatkan penggunaan alumunium padat dan penempatan kaca miring yang digunakan bersama-sama. Desain yang dirancangnya ini juga sangat menghemat air dan secara efisien bisa mengolah limbah untuk mengairi perkebunan di sekitar bandara.
Untuk meminimalisasi dampak termal pada bangunan, Kohn memanfaatkan penggunaan aluminium padat dan penempatan kaca miring yang digunakan bersama-sama. Desain yang dirancangnya ini juga sangat menghemat air dan secara efisien bisa mengolah limbah untuk mengairi perkebunan di sekitar bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com