Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I, Marketing Sales Metland Baru 27 Persen dari Target Rp 2 Triliun

Kompas.com - 28/09/2020, 17:55 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) hingga Juni 2020 mencatatkan marketing sales sebesar Rp 540 miliar atau 27 persen dari target awal Perseroan untuk tahun 2020 sebesar Rp 2 triliun.

Pendapatan tersebut disumbang dari pra-penjualan properti Rp 365 miliar dan pendapatan berulang Rp 175 miliar

Sementara pendapatan usaha yang terbukukan senilai Rp 390 miliar dan laba bersih Rp 88 miliar, turun dibandingkan pada periode yang sama tahun 2019.

Penurunan ini sejalan dengan kondisi perekonomian global dan Indonesia yang mengalami perlambatan akibat pandemi covid-19.

Selain itu, pendapatan berulang tercatat lebih rendah karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku penuh selama sekitar dua setengah bulan.

Baca juga: Sambil Beramal, Metland Tawarkan Promo Pesan Sekarang Bayar Kemudian

Direktur PT Metropolitan Land Tbk Olivia Surodjo mengungkapkan, proyek perumahan kami juga terdampak PSBB.

"Hal ini karena segmen konsumen utama kami merupakan pengguna akhir (end user) kebanyakan lebih memilih menyimpan uang tunai untuk melewati masa pandemi," ujar Olivia saat paparan publik kinerja perusahaan Senin (28/9/2020).

Metland Cibitung, Metland Cileungsi dan Metland Menteng menjadi kontributor terbesar untuk marketing sales.

“Penjualan rumah kelas menengah ke bawah di Metland Cibitung dan Metland Cileungsi masih cukup baik, begitu pula di Metland Menteng,” tambah Olivia.

Penundaan

Melihat kondisi demikian, MTLA terpaksa menunda pengembangan proyek baru maupun pembangunan proyek-proyek komersial yang sedang berlangsung saat ini.

Sebut saja, Rumah Sakit Hermina Cibitung yang berada dalam kawasan Metland Cibitung. Fasilitas kesehatan ini telah dimulai peletakkan batu pertama (ground breaking) pada 25 September 2020.

Rumah Sakit Hermina Cibitung ini dibangun di atas lahan seluas  6.000 meter persegi dengan total 6 lantai dan 150 tempat tidur.

Fasilitas yang berada dalam Rumah Sakit meliputi Radiologi, Laboratorium, Ruang Operasi, Ruang Ginekolog serta fasilitas pendukung lainnya.

Rumah Sakit yang ditargetkan akan dibuka pada tahun 2021 ini diharapkan menjadi salah satu fasilitas yang dapat digunakan oleh penghuni di kawasan Metland Cibitung.

Kendati menunda pengembangan proyek, MTLA masih terus melanjutkan pemasaran proyek residensial seperti Metland Menteng yang tengah memasarkan klaster Jura Tipe B Plus dengan 3 kamar tidur dan luas bangunan 70 meter persegi.

Begitu pula dengan rumah menengah ke bawah di Metland Cileungsi, MTLA masih  memasarkan hunian tipe Lava dengan 2 kamar dan luas bangunan 46 meter persegi.

Kemudian tipe baru di Metland Puri yang akan dilansir pada Oktober mendatang, dan terakhir Metland Cibitung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com