Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbnb Siapkan Rp 4 Triliun Kompensasi Pembatalan Pemesanan

Kompas.com - 31/03/2020, 12:27 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Jaringan layanan penginapan jangka pendek asal Amerika Serikat, Airbnb, kucurkan 250 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 4 triliun untuk membantu pemilik properti yang mengembalikan uang konsumen yang membatalkan pesanannya.

Hal tersebut dilakukan Airbnb sebagai bentuk kompensasi bagi pemilik properti yang mengembalikan uang sepenuhnya kepada tamu karena gagal melakukan liburan akibat pandemi virus Corona.

Melansir The Verge, perusahaan tersebut mengganti 25 persen dari uang yang dibayarkan para calon tamu kepada pemilik properti.

Kompensasi ini berlaku bagi pemesanan antara Sabtu (14/3/2020) hingga Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Mengenal Accor Group, Penyedia Akomodasi Tenaga Medis Covid-19

CEO Airbnb Brian Chesky meminta maaf karena kebijakan darurat yang harus dibuat terkait meluasnya virus Covid-19 di Amerika Serikat.

"Saya sangat menyesal, kami seharusnya memberitahukan hal tersebut dari jauh-jauh hari. Saya juga menyesal tidak melakukan musyawarah terlebih dahulu kepada para mitra (pemilik properti)," tulis Chesky dalam surat pernyataan.

Karena bisnisnya bergantung pada perjalanan dan pariwisata, Airbnb telah menjadi salah satu platform teknologi yang terpukul paling keras selama pandemi virus Corona.

Sementara itu, tercatat kasus terkonfirmasi positif virus Corona di Amerika Serikat sejumlah 164.253 orang. Sementara, 3.165 orang dinyatakan meninggal dunia.

Karena hal tersebut, Amerika Serikat menduduki peringkat pertama kasus terbanyak virus Corona di dunia.

Pihak Gedung Putih pun memperpanjang social distancing (pembatasan sosial) bagi penduduk Amerika Serikat hingga 30 April mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com