Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangerang, Pemasok Apartemen Terbanyak

Kompas.com - 05/04/2018, 17:00 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Jones Lang LaSalle (JLL) melaporkan, sebagian besar pasokan apartemen di luar Jakarta berada di wilayah Tangerang, Banten. Diikuti setelahnya wilayah timur Jakarta, yakni Bekasi yang memasok apartemen dalam jumlah besar.

"Apartemen tetap diminati baik oleh investor maupun pengguna yang menjadikan lokasi dan keterjangkauan harga menjadi faktor utama yang amat dipertimbangkan dalam kondisi saat ini," ujar Head of Research JLL James Taylor di Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Baca juga: Apartemen Menengah-Bawah Dominasi Penjualan Kuartal Perdana 2018

JLL merangkum, dari total 106.000 unit di 140 proyek, sebanyak 53 persen pasokan apartemen berada di Tangerang. Sementara di Bekasi, jumlahnya sekitar 21 persen.

Sementara di Depok, persentase pasokan apartemen mencapai 16 persen dan di Bogor sebanyak 11 persen.

Dari segi permintaan, apartemen yang paling dicari di luar Jakarta adalah dengan ukuran lebih kecil dan dengan harga lebih terjangkau yaitu tidak lebih dari Rp 1 miliar.

Sementara untuk tipe unit, pembeli tertarik atau cenderung mencari tipe studio, 1 kamar tidur, dan 2 kamar tidur.

Baca juga: Bisnis Apartemen di Jakarta Masih Prospektif

Selain itu, faktor lain yang menentukan keputusan pembeli apartemen adalah bagaimana reputasi pengembang di balik proyek tersebut dan apakah proyek memiliki akses atau mudah dijangkau transportasi publik.

Pembeli juga melihat bagaimana fasilitas yang ditawarkan pengembang dan bagaimana kualitas pengembangan proyek tersebut.

Sementara itu, pasokan apartemen baru diperkirakan sebanyak 9.000 unit. Rata-rata penjualan dari total 106.000 unit adalah 58 persen dengan unit terjual sebanyak 62.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com