Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Anggota DPR Hadiri Peresmian Bangunan Pengaman Pantai Namosain

Kompas.com - 26/10/2017, 23:30 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KompasProperti - Sejumlah 12  anggota Komisi V DPR RI menghadiri peresmian bangunan pengaman Pantai Namosain di Kelurahan Namosain, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (26/10/2017).

Kedatangan rombongan anggota DPR RI itu dipimpin langsung oleh Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis.

Selain Anggota DPR RI, hadir pula Dirjen Perhubungan Darat Surahmat, Dirjen Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti dan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso. Peresmian itu juga dihadiri oleh Wali Kota Kupang Jefry Riwu Kore.

Kepala Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II), Agus Sosiawan, dalam laporannya mengatakan, pembangunan pengaman Pantai Namosain memakan dana Rp 8,4 miliar.

Agus menyebut, pengaman pembangunan Pantai Namosain telah dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada 2015 dan 2017 dengan panjang total masing-masing 200 meter.

Agus menjelaskan, terdapat 9,5 kilometer garis pantai kritis di enam titik yaitu Pantai Namosain, Tedis, Oeba, Pasir Panjang, Paradiso dan Lasiana. Hingga saat ini kata dia, sepanjang 3,5 kilometer yang sudah dikerjakan. 

Fary Djemi Francis menambahkan, pihaknya mendatangi lokasi itu untuk melihat langsung pembangunan pengaman penahan pantai yang telah didorong dan didukung oleh pihaknya.

Dengan dibangunnya pengaman pantai itu lanjut Fary, telah menyelamatkan rumah ratusan kepala keluarga yang tinggal di sepanjang pesisir pantai.

Menurut Fary, saat ini masih harus dibangun lagi sepanjang 400 meter, sehingga ia berharap dan mendorong, agar dalam waktu dekat sudah harus dibangun, meski harus dilakukan secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com