Di Tengah Maraknya Belanja "Online", Blok M Square Masih Ramai - Kompas.com

Di Tengah Maraknya Belanja "Online", Blok M Square Masih Ramai

Dani Prabowo
Kompas.com - 17/09/2017, 13:57 WIB
Blok M SquareKompas.com / Dani Prabowo Blok M Square

JAKARTA, KompasProperti - Setelah pusat perdagangan di kawasan Glodok sepi pembeli, hal yang sama juga mulai terlihat di pusat-perbelanjaan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Di antaranya adalah Plaza Blok M, dan Pasaraya Blok M.

Baca: Glodok, Nasibmu Kini...

KompasProperti mengulas fenomena sepinya pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta, pasca merebaknya sistem belanja daring atau online.

Kemudahan dan kepraktisan belanja daring ditengarai sebagai penyebab sepinya pusat- pusat belanja konvensional, atau fisik yang mengandalkan transaksi tatap muka.

Baca: Belanja Online Lebih Mudah dan Praktis Ketimbang di Glodok

Berikut laporan KompasProperti dari pusat belanja di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Laporan pandangan mata akan dituangkan dalam beberapa tulisan.

Tulisan pertama adalah Plaza Blok M Mulai Ditinggalkan Pengunjung dan tulisan kedua berjudul Pemburu Diskon Bikin Pasaraya Blok M Ramai Mendadak

Di bawah ini merupakan tulisan ketiga dengan lokasi pengamatan di pusat perbelanjaan Blok M Square:

Berbeda dengan "saudaranya tuanya", Plaza Blok M, kondisi pusat perbelanjaan Blok M Square jauh lebih ramai, Sabtu (16/9/2017).

Pantauan KompasProperti, keramaian ditunjukkan tak hanya dari sisi penjual, tetapi juga pengunjung. Kondisi itu cukup merata mulai dari lantai 1 sampai lantai 5.

Di lantai 1 dan 2, pengunjung menyerbu barang-barang yang diperjualbelikan. Lantai tersebut dikhususkan bagi distro dan pusat fashion yang didominasi produk wanita.

Beraneka ragam jenis perlengkapan wanita ada di lantai tersebut, mulai dari kaos, kemeja, batik, sepatu, sandal hingga tas. Barang yang ditawarkan pun relatif lebih terjangkau di kantong masyarakat.

Suasana Blok M Square, Sabtu (16/9/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Suasana Blok M Square, Sabtu (16/9/2017).

Sebut saja harga untuk sepasang sandal wanita yang dibanderol mulai dari Rp 35.000 per pasang. Bahkan, bila membeli tiga pasang sekaligus, penjual akan memberikan diskon.

"Tiga Rp 100.000, tiga Rp 100.000. Dipilih saja Bu, dipilih," teriak salah seorang penjual.

Sementara, harga kaos dan kemeja pria juga dibanderol relatif terjangkau, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Sementara untuk celana, harganya bervariasi mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 125.000.

Menurut salah penjual di tempat tersebut, Yanti (22), dibandingkan Blok M Plaza, Blok M Square memang sedikit lebih ramai.

"Kalau di sini kan barangnya murah, jadi mungkin orang-orang pilih belanja di sini kali," kata wanita yang berjualan aksesori wanita itu.

Suasana pusat elektronik di Blok M Square, Sabtu (16/9/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Suasana pusat elektronik di Blok M Square, Sabtu (16/9/2017).

Pemandangan yang sama juga terlihat di lantai 3, 3A dan 5 pusat perbelanjaan tersebut. Untuk lantai 3 dan 3A, di sana menjadi pusat perdagangan alat elektronik mulai dari ponsel, komputer hingga kamera. Selain itu, beragam aksesoris ponsel juga diperjualbelikan, di samping juga aneka kaset permainan.

"Sengaja ke sini karena kebetulan hape rusak pas lagi di rumah temen deket sini. Jadi sekalian mau benerin sebentar," ucap Rama (24), salah seorang pengunjung.

Sedangkan untuk lantai 5, dikhususkan sebagai lokasi food court, restoran, dan juga bioskop. Kebanyakan pengunjung yang menyambangi lantai tersebut merupakan remaja usia sekolah, meski ada beberapa di antaranya keluarga yang sedang menghabiskan waktu akhir pekan.

Suasana food court di Blok M Square, Sabtu (16/9/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Suasana food court di Blok M Square, Sabtu (16/9/2017).

 

Bersambung

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM