Pemburu Diskon Bikin Pasaraya Blok M Ramai Mendadak - Kompas.com

Pemburu Diskon Bikin Pasaraya Blok M Ramai Mendadak

Dani Prabowo
Kompas.com - 17/09/2017, 09:22 WIB
Pasaraya Blok MKompas.com / Dani Prabowo Pasaraya Blok M

 

JAKARTA, KompasProperti - Setelah pusat perdagangan di kawasan Glodok yang sepi pembeli, hal yang sama juga mulai terlihat di pusat perbelanjaan di kawasan Blok M. Salah di antaranya Plaza Blok M.

Baca: Glodok, Nasibmu Kini...

KompasProperti mengulas fenomena sepinya pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta, pasca merebaknya sistem belanja daring atau online.

Kemudahan dan kepraktisan belanja daring ditengarai sebagai penyebab sepinya pusat- pusat belanja konvensional, atau fisik yang mengandalkan transaksi tatap muka.

Baca: Belanja Online Lebih Mudah dan Praktis Ketimbang di Glodok

Berikut laporan KompasProperti dari pusat belanja di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Laporan pandangan mata akan dituangkan dalam beberapa tulisan. Artikel pertama bisa dilihat di sini. Di bawah ini merupakan tulisan kedua:

Membeludak. Begitulah gambaran Matahari Department Store di pusat belanja Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, Sabtu (16/9/2017) sore.

Berbeda dengan hari-hari biasa yang demikian sepi, diskon besar-besaran yang ditawarkan, menghipnotis masyarakat untuk datang ke gerai tersebut pada Sabtu itu.

Sejak Jumat (15/9/2017), gerai ritel modern di Pasaraya Blok M itu dipadati masyarakat. Bukan tanpa sebab, pasalnya gerai itu rencananya akan tutup akhir September ini.

Manajemen Matahari memutuskan menutup dua gerainya, yaitu di Pasaraya Blok M dan Pasaraya Manggarai, lantaran kedua mal itu sepi pengunjung. Akibatnya, kinerja kedua gerai tersebut tidak sesuai target manajemen.

"Matahari Department Store Pasaraya Blok M dan Manggarai akan ditutup per akhir bulan September ini," ujar Corporate Secretary dan Legal Director PT Matahari Department Store Tbk Miranti Hadisusilo kepada  Kompas.com, Jumat (15/9/2017).

Beragam papan diskon berjejer di Matahari Pasaraya Blok M, Sabtu (16/9/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Beragam papan diskon berjejer di Matahari Pasaraya Blok M, Sabtu (16/9/2017).

Dari pantauan KompasProperti, para pengunjung memang sengaja datang untuk berburu barang-barang diskon yang ditawarkan. Diskon yang diberikan pun beragam, mulai dari 10 persen yang terendah, sampai 75 persen untuk yang tertinggi.

Diskon itu berlaku bagi semua produk, mulai dari pakaian, celana, sepatu, sandal, tas, parfum, alat kosmetik, hingga alat olahraga seperti sepeda dan perlengkapannya.

Besarnya diskon yang diberikan membuat kondisi gerai Matahari cukup berantakan. Seperti terlihat di booth kemeja pria.

Beberapa pengunjung terlihat mencoba satu-persatu kemeja yang hendak dibeli. Ketika kemeja dirasa tidak pas, mereka meletakkannya sembarangan. Bahkan, tidak sedikit yang berserakkan di lantai.

Kondisi lebih parah terjadi di gerai sepatu. Kotak-kotak sepatu yang tadinya tersusun rapi, berantakkan di lantai. Para pengunjung pun terlihat membongkar tumpukkan kotak sepatu yang berantakkan, dengan harapan dapat menemukan model serta ukuran yang cocok di kaki.

Namun, ketika tak mendapatkannya, bukannya mengembalikan sepatu ke tempat semula. Mereka sengaja membiarkannya berserakkan di lantai. Hal tersebut membuat pegawai Matahari cukup kerepotan untuk membereskannya.

Pengunjung terlihat mengantre untuk membayar di salah satu kasir di Matahari Pasaraya Blok M, Sabtu (17/9/2017). Beberapa di antara dari mereka terlihat duduk kelelahan, karena sudah mengantre cukup lama.Kompas.com / Dani Prabowo Pengunjung terlihat mengantre untuk membayar di salah satu kasir di Matahari Pasaraya Blok M, Sabtu (17/9/2017). Beberapa di antara dari mereka terlihat duduk kelelahan, karena sudah mengantre cukup lama.

Antre

Keramaian tak hanya terjadi di booth, tetapi juga di depan kasir. Ratusan orang mengular, antre untuk membayar barang yang sudah didapatkannya.

Seperti terlihat di depan Kassa 3, dimana pengunjung berdiri dan tampak memutar pada lorong-lorong sempit yang dibatasi oleh etalase barang.

Kondisi lebih parah terlihat di Kassa 4. Tak hanya berdiri, beberapa tak sedikit dari mereka yang juga duduk berselonjor di depan kasir.

"Setengah jam lebih saya berdiri, capek," tutur Erwin (25).

Pria yang tinggal di daerah Tanjung Barat itu, mengaku sengaja datang ke Pasaraya Blok M setelah mendengar kabar ada diskon besar-besaran.

Senada dengan Erwin, Dita (28) juga mengungkapkan hal yang sama. Menurut dia, cukup jarang ada diskon besar-besaran seperti ini, kecuali di momen hari besar.

"Mumpung ada diskon ya ke sini aja cari tas sama pakaian," ucap Dita.

Banyaknya pengunjung yang datang, membuat barang yang diperjualbelikan ludes. Bahkan di beberapa booth, seperti sepatu pria, barang-barang benar-benar sudah habis diborong pembeli.

Sejumlah produk yang dijual di Matahari Pasaraya Blok M terlihat habis, setelah diburu oleh masyarakat, Sabtu (16/9/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Sejumlah produk yang dijual di Matahari Pasaraya Blok M terlihat habis, setelah diburu oleh masyarakat, Sabtu (16/9/2017).

 

Bersambung

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM