Tanpa Basa-basi, Serbu Tawaran Rumah Rp 100 Jutaan! - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Indonesia Future City

Tanpa Basa-basi, Serbu Tawaran Rumah Rp 100 Jutaan!

Haris Prahara
Kompas.com - 16/09/2017, 14:11 WIB
Suasana Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten. Foto diambil pada Kamis (14/9/2017)Kompas.com/Haris Prahara Suasana Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten. Foto diambil pada Kamis (14/9/2017)

TANGERANG, KompasProperti – Bingung mencari rumah dengan harga ramah kantong saat ini? Bisa jadi pameran berikut adalah jawaban atas kebutuhan Anda.

Pameran bertajuk Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 sedang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten. 

Saat KompasProperti mengunjungi pameran tersebut pada hari pertama, Kamis (14/9/2017), deretan stan beradu cantik dengan aneka dekorasi. Berkas cahaya warna-warni memancarkan silau satu sama lain. Sudah jelas, tujuannya agar pengunjung tergugah untuk berlabuh di stan mereka.

Panitia menyiapkan tiga hall sekaligus (5,6, dan 7) untuk menampung lebih dari 100 stan pengembang properti se-Indonesia. Peserta pameran pun beragam, mulai dari pengembang rumah rakyat hingga pengembang yang fokus pada properti premium.

Pengembang yang berpartisipasi misalnya anggota Dewan Pimpinan Daerah Realestat Indonesia (REI) mulai dari Jakarta, Banten, Batam, hingga Papua. Selain itu, ada pula Sinarmas Land, Sentul City, Jababeka, Ciputra, PP Properti, Summarecon, Agung Podomoro Land, dan masih banyak lainnya.

Lantas, adakah pengembang yang berani tawarkan harga rumah Rp 100 jutaan?

Setelah berkeliling, KompasProperti menemukan beberapa pengembang yang menawarkan hunian dengan harga kisaran tersebut. Lokasi rumah yang ditawarkan cukup banyak pilihannya, seperti Tangerang, Bogor, Bekasi, Banten, Karawang, dan sebagainya. Masih bisa disebut sebagai wilayah satelit Ibu Kota Jakarta.

Sebagai contoh, rumah di kawasan Grand Karawang Residence tipe 29/60 ditawarkan dengan harga Rp 123 juta dengan cicilan bersahabat Rp 900.000 per bulan.

Di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terdapat hunian Ambar Kemang Regency dengan tawaran harga Rp 141 juta untuk satu unit.

Ada pula hunian terjangkau di perumahan Mutiara Bekasi Jaya, Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Harganya dimulai Rp 133 juta untuk tipe rumah 22/60. Uang mukanya sebesar Rp 2,68 juta dengan tenor cicilan selama 20 tahun.

Seorang pengunjung, Fadli (31), mengatakan, pameran properti tersebut menawarkan produk hunian yang variatif dan sesuai kebutuhan kaum muda.

“Kalau anak muda kan tertariknya beli properti dengan harga terjangkau, sebisa mungkin kisaran Rp 100 juta- Rp 200 juta. Nah, ternyata pameran ini mengakomodasi hal itu,” ujar Fadli yang datang bersama dua orang rekannya.

Pengunjung lainnya, Ayu (41), mengatakan, ia penasaran dengan tren properti saat ini. Karena itu, ia menyempatkan diri untuk berkeliling area pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017.

“Ya, mumpung pamerannya gratis dan dekat rumah saya. Sengaja datang di hari-hari awal biar enggak berdesakan,” ujar ibu rumah tangga tersebut.

Suasana Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten. Foto diambil pada Kamis (14/9/2017)Kompas.com/Haris Prahara Suasana Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten. Foto diambil pada Kamis (14/9/2017)
Selain menyajikan aneka stan properti, pameran yang terselenggara melalui kerja sama Kompas Gramedia dan Dyandra dengan REI serta Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tersebut turut menyediakan aneka hiburan.

Pengunjung dapat menyaksikan pawai budaya khas daerah-daerah Indonesia, festival makanan, demo memasak, dan penampilan artis-artis ternama.

Bagi para pelaku industri properti, tersedia pula berbagai konferensi dan kongres, antara lain International Conference on ICT for Smart Society (ICSS), Kongres Asosiasi Pemrakarsa Indonesia Cerdas (APIC), C-Generation Summit, serta Konferensi terkait kota cerdas (smart city).

Gairahkan properti

Terkait pameran tersebut, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat REI Soelaeman Soemawinata mengatakan, tujuan utama acara adalah mendorong masyarakat berani investasi pada sektor properti.

“Kami deteksi uang masyarakat tersimpan di bank lagi banyak sekali. Karena itu, kami berharap event ini dapat membuat masyarakat yakin bahwa inilah saat tepat berinvestasi properti,” tuturnya.

Ia melanjutkan, pergelaran yang berlangsung hingga 24 September itu juga bagian dari upaya mendukung Program Sejuta Rumah.

“Seluruh pengembang anggota REI serta sejumlah pemerintah kota dan kabupaten kami dorong mengikuti pameran ini,” kata pria yang karib disapa Eman itu.

Sementara itu, dalam pidato pembukaannya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengapresiasi pihak penyelenggara yang peduli dengan Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah pada 2015.

Ia juga berjanji, akan terus mengawal penyederhanaan izin membangun perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di daerah-daerah.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisHaris Prahara
EditorSri Noviyanti
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM