Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Rumah Seken di China Juga Menguat

Kompas.com - 20/01/2016, 23:45 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Peningkatan penjualan rumah sekunder tak hanya terjadi di Hongkong, melainkan juga di Beijing dan Shanghai, China. (Baca: Pasar Rumah Sekunder di Hongkong Meningkat)

Peningkatan transaksi pasar rumah sekunder di wilayah itu terjadi bulan lalu yang dipicu kuatnya dukungan pemerintah lokal terhadap industri properti dan rangkaian kebijakan pendukung.

"Sentimen pembeli rumah mulai meningkat berkat sejumlah kebijakan pendukung seperti lima kali pemotongan suku bunga dan kredit rumah kedua yang diberlakukan sama dengan rumah pertama selama pembeli telah melunasi pinjaman pertama," jelas konsultan Century 21 China Real Estate kepada South China Morning Post (SCMP), Selasa (19/1/2016).

Harga rerata yang diminta untuk rumah di Shanghai melonjak 2,2 persen pada Desember dan menjadikannya sebagai kenaikan terbesar dalam dua tahun terakhir.

Sementara di Beijing, peningkatan harga rumah sebesar 0,7 persen, lebih tinggi 0,01 persen dari bulan November.

Peningkatan tersebut menunjukkan geliat properti di Shanghai dan Beijing selama beberapa bulan terakhir di tengah kondisi perlambatan pasar akibat kelebihan pasokan.


Indeks melejit

Indeks harga rumah sekunder berdasarkan data Century 21 menempatkan Beijing di angka 167, naik dua posisi dari bulan November.

Sementara di Shanghai, indeks harga rumah sekunder juga naik dari posisi 154 ke posisi 157.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com