Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedoman Langkah Cepat Hidup Sehat!

Kompas.com - 16/06/2014, 13:39 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Hidup sehat bisa dimulai dari rumah. Pembawa acara, sekaligus tukang kayu Ty Peninggton punya pendapatnya sendiri mengenai hal tersebut. Menurut Peninggton, ada beberapa langkah inovatif yang tidak perlu mahal dan mewah untuk mewujudkan rumah sehat.

Anda hanya berlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk memilih dan memasang barang-barang yang tidak akan mengganggu kesehatan, namun justru meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal pertama yang disebutkan oleh sang pembawa acara televisi "Extreme Makeover: Home Edition" tersebut adalah kebersihan air dan udara di dalam, maupun di sekitar rumah. Dia mengatakan, bahwa sesehat apa pun gaya hidup Anda, jika tinggal di lingkungan tidak sehat, maka usaha akan sia-sia.

"Bagi saya, hal ini tidak hanya menyangkut gaya hidup hijau. Hal ini menyangkut lingkungan yang sehat. Banyak orang tidak memikirkan mengenai kualitas air dan udara, namun itulah yang membuat kita bertahan hidup," ujarnya.

Perhatikan produk papan gipsum, cat, dan berbagai keperluan finishing di rumah Anda. Sebaiknya, gunakan papan gipsum yang tahan jamur dan menggunakan sistem penyaring udara di dalam rumah. Anda yang tinggal di rumah sewaan pun sebaiknya tidak berdiam diri. Cobalah menggunakan penyaring air dan udara portabel.

Hal kedua adalah penggunaan teknologi "pintar". Integrasikan rumah Anda agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar termasuk dalam penggunaan teknologi "pintar". Teknologi semacam ini bisa secara otomatis mematikan maupun menyalakan lampu, mengontrol penggunaan pendingin ruangan, hingga menjamin keamanan rumah Anda. Menurut Peninggton, teknologi canggih baru ini meningkatkan efisiensi rumah. Anda bisa mengontrol energi dan air yang digunakan di rumah dengan efektif.

Hal ketiga adalah penggunaan lantai yang tepat dan ramah lingkungan. Lantai yang terbuat dari bambu, misalnya, tidak hanya ramah lingkungan, namun juga lebih tahan dari debu. Anda yang tidak kuat debu bisa hidup lebih nyaman dengan lantai jenis ini.

Selanjutnya, Peninggton juga mengingatkan Anda untuk mempertimbangkan penggunaan pemanas air bertenaga matahari. Menurutnya, teknologi ini tidak hanya efisien dan ramah lingkungan, namun juga rendah biaya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com