Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyulap Kapel Jadi Pintu Museum

Kompas.com - 14/06/2014, 11:39 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Studio arsitektur asal Belanda, MVRDV, telah mengubah sebuah kapel bergaya neoklasik di Schiedam, Belanda. Kapel tersebut dijadikan sebagai pintu masuk museum seni modern. Secara tidak terduga, MVRDV memasukkan rak berwarna merah menyala untuk menutupi sebagian besar dinding di dalam kapel.

Daria Scagliola dan Stijn Brakkee
Penampilan dari luar museum seni moderen di Schiedam, Belanda.
Kapel yang menjadi pintu masuk bagi Stedelijk Museum Schiedam ini dibangun pada 1787 oleh arsitek Italia, Jan Giudici. Selama bertahun-tahun, kapel ditinggalkan begitu saja. Karena itu, campur tangan MVRDV mampu memberikan peran baru bagi kapel ini. Studio tersebut juga menambahkan fungsi baru.

MVRDV menambahkan rak untuk menutup hampir seluruh dinding. Tidak hanya untuk keperluan estetika, rak berwarna merah menyala ini terintegrasi dengan meja resepsionis, area kafe, dan pojok cenderamata.

"Dengan satu tindakan yang jelas dan monumental, kami sudah mengombinasi berbagai fungsi. Di saat yang sama, menjaga agar ruang tetap terbuka dan bisa digunakan," ujar pendiri MVRDV, Nathalie de Vries.

Daria Scagliola dan Stijn Brakkee Rak-rak berwarna merah memenuhi interior kapel.
MVRDV tidak menyingkirkan altar, organ, pilar, dan jendela yang ada di dalam kapel tersebut. Penambahan tetap berusaha menghormati keindahan kapel. Selain itu, dalam pernyataan tertulis, MVRDV menjelaskan rak buku berwarna merah menyala ini dibuat dari konstruksi ringan. Karena itu, konstruksi ini bisa disingkirkan kapan pun tanpa meninggalkan jejak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com