Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Merawat Pintu Kayu Minimalis Agar Selalu Terlihat Menarik

Kompas.com - 13/10/2022, 17:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Door Store

JAKARTA,KOMPAS.com - Banyak pertimbangan mengapa orang lebih memilih untuk menggunakan pintu kayu minimalis pada sebuah hunian.

Salah satunya adalah tampilan pintu kayu minimalis yang hangat dan elegan sehingga cocok digunakan untuk ruangan manapun.

Tetapi seperti kebanyakan bahan lainnya, pintu kayu minimalis cukup rentan terhadap perubahan cuaca sehingga harus diperlukan perawatan secara rutin agar tetap terlihat menarik.

Berikut 3 cara perawatan pintu kayu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah seperti dikutip dari Door Store.

Baca juga: 3 Alasan Memilih Kayu Sebagai Penutup Lantai Rumah Minimalis

Bersihkan permukaan pintu dengan kain katun

Baik pintu eksternal maupun yang diletakan di dalam rumah, jelaga dan kotoran akan menumpuk seiring waktu.

Karena itu, sangat penting untuk membersihkan pintu di rumah Anda secara berkala sebelum kotoran tersebut teroksidasi dan merusak permukaan pintu.

Cara terbaik untuk merawat pintu kayu adalah dengan membersihkannya secara menyeluruh minimal satu bulan sekali menggunakan kain katun lembab.

Gunakan air hangat dengan sabun lembut dan non-abrasif jika ada kotoran yang berlebihan. Pastikan Anda mengeringkan permukaan setelah dicuci dengan air.

 

Periksa rembesan air

Air dapat merembes melalui kayu terutama jika pintu tersebut merupakan pintu yang digunakan di luar ruangan.

Material kayu cenderung retak dan sehingga air bisa meresap ke dalam jika tidak dirawat dan dibersihkan secara teratur. Lebih buruk lagi, kayu bisa membusuk karena terlalu banyak uap air di dalamnya.

Ketika ini terjadi, pahatlah bagian pintu yang busuk dan gunakan dempul untuk menutupi lubangnya. Setelah kering, Anda perlu mengamplas dan melapisi kayu kembali dengan cairan pelindung.

Baca juga: Ketahui Untung Rugi Punya Pintu Besi Minimalis

Beri lapisan pelindung

Ada berbagai jenis lapisan pelindung yang bisa digunakan untuk pintu kayu yang bisa Anda gunakan. Jika pelapis asli yang digunakan berbasis minyak, maka gunakan juga pelapis dengan jenis yang sama.

Bila Anda ingin menggunakan jenis pelindung yang berbeda, cukup amplas kayu dan singkirkan lapisan lama sebelum menerapkan lapisan pelindung yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Door Store


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com