Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Kelebihan Penggunaan Material Kaca di Rumah Minimalis?

Kompas.com - 13/10/2022, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com -Desain rumah minimalis semakin populer terutama di kalangan anak muda dalam beberapa tahun terakhir.

Estetika rumah minimalis terletak pada bentuk ruang yang sederhana, konsep yang terbuka dan serta penggunaan furnitur yang minim.

Beberapa material konstruksi yang sering digunakan untuk rumah minimalis antara lain kayu, beton, material daur ulang, dan kaca.

Meningkatnya permintaan untuk menggunakan komponen bangunan transparan sangat dominan terutama dalam gaya arsitektur kontemporer.

Baca juga: Jenis Kaca Ini Bisa Bantu Anda Jaga Privasi di Rumah

Beberapa dekade yang lalu, kaca hanya digunakan pada kusen jendela dan pintu, tetapi sekarang kaca bisa diaplikasikan ke banyak ruangan di rumah.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan bila menggunakan material kaca untuk rumah minimalis yang Anda miliki.

Bikin Ruangan Terlihat Lebih Luas

Pada rumah dengan desain modern, kaca bisa memberikan kesan sebuah ruangan menjadi lebih luas. Misalnya, panel kaca tembus pandang dapat digunakan untuk mempartisi koridor, atau menjadi fasad pada area yang lebih luas.

Kaca juga dapat digunakan sebagai pengganti dinding konvensional dan menciptakan kesan bahwa ruangan saling terhubung satu dengan yang lain.

Material kaca juga memungkinkan banyak cahaya yang akan masuk ke interior ruangan. Menggabungkan kaca dengan dinding berwarna terang akan menciptakan detail hunian yang modern dan bersih.

 

Tahan di segala cuaca

Kaca dapat tahan dalam segala cuaca baik saat musim hujan, angin, dan paparan panas yang terik sekalipun. 

Meskipun ada perubahan suhu yang drastis, kaca tidak mengembang atau menyusut jauh dibandingkan dengan produk konstruksi lainnya.

Kaca juga dapat memantulkan, membiaskan, dan menyerap cahaya yang memungkinkan penghuninya mengatur cahaya alami untuk aktivitas sehari-hari mereka.

Tahan terhadap bahan kimia

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com