Makin Banyak Digunakan, Aspal Plastik Lebih Murah dan Tahan Lama

Kompas.com - 27/08/2021, 22:00 WIB
Penerapan aspal yang dicampur plastik di Jalan Dakota, Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (24/10/2017). Arimbi RamadhianiPenerapan aspal yang dicampur plastik di Jalan Dakota, Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (24/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Plastik merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan di seluruh dunia terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Selain karena praktis, harga barang dari plastik cukup terjangkau.

Plastik juga telah digunakan dalam dunia otomotif yakni dalam industri mobil karena telah terbukti membuat mobil lebih ringan, lebih terjangkau, dan lebih hemat bahan bakar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menariknya plastik kini telah digunakan dalam pembuatan aspal, bahkan telah digunakan di konstruksi jalan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, Inggris, Australia, hingga Los Angeles.

Baca juga: Chandra Asri dan Sinarmas Gunakan Aspal Plastik di BSD City

Aspal plastik pertama kali dikembangkan oleh sebuah perusahan asal Inggris, MacRebur.

Kehadiran aspal plastik diharapkan bisa mengganti aspal berbasis minyak bumi yang selama ini digunakan, yakni Bitumen.

Dikutip dari Advance Plastic Form, plastik yang digunakan dalam produksi aspal ini berasal dari material sampah plastik yang bisa didaur ulang seperti botol air minum, botol soda, dan kantong plastik sekali pakai.

Sebelum proses pembuatan dimulai, bahan-bahan plastik tersebut diurutkan berdasarkan struktur polimernya. Seperti kantong plastik di satu kelompok dan botol plastik di kelompok lain.

Masing-masing kategori plastik tersebut kemudian diproses menjadi pelet yang memiliki ketahanan dan kelenturan berbeda satu dengan yang lainnya.

Pelet-pelet plastik tersebut kemudian diolah dengan suhu tinggi dan masuk dalam proses penggilingan sehingga akan meleleh menjadi agregat dan bahan pengikat.

Baca juga: Aspal Plastik dan Karet Bisa Digunakan untuk Bandara dan Pelabuhan

Untuk pembuatan aspal, biasanya digunakan material berupa batu dan semen atau sisa-sisa trotoar yang dihancurkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.