Kompas.com - 19/07/2021, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasokan kantor di Surabaya diprediksi mengalami peningkatan rata-rata 25 persen sepanjang tahun 2021.

Colliers Indonesia mencatat, hingga Semester I saja, pasokan kantor di Surabaya mencapai 533.325 meter persegi, atau meningkat 7,6 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Senior Director of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan meningkatnya jumlah pasokan kantor ini akan berdampak terhadap semakin tingginya tren penurunan tingkat hunian kantor di Surabaya.

"Pasokan tambahan yang lebih besar kemungkinan akan mengakibatkan penurunan lebih lanjut dalam tingkat hunian rata-rata," kata Ferry dalam laporannya yang diterima Kompas.com, Senin (19/07/2021).

Baca juga: Meski Pandemi, Pasokan Perkantoran di Surabaya Naik 7,6 Persen

Untuk diketahui, tingkat okupansi perkantoran di Surabaya mencapai 60,4 persen atau turun 1,3 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau Half Year on Half Year (HOH).

Menurut Ferry penurunan tren tingkat hunian ini membuat harga sewa kantor di Surabaya menjadi lebih terjangkau.

Hal itu karena pemilik bangunan atau tuan tanah akan lebih fleksibel dalam menentukan harga sewa kepada konsumen.

Ferry mencatat rata-rata harga sewa kantor di Surabaya adalah sebesar Rp 142.451 per meter persegi atau turun empat persen dibandingkan semester yang sama tahun lalu.

Meski demikian, permintaan dipekirakan pulih secara perlahan. Hal itu karena sejumlah sektor  juga perlahan mulai pulih dan kemungkinan besar akan membutuhkan ruang kantor tambahan.

Sementara itu, sektor terkait keuangan seperti valuta asing, pasar modal, konsultan, perusahaan informasi dan teknologi juga terus berkembang.

"Permintaan diperkirakan akan pulih secara perlahan dan gedung perkantoran di masa depan telah mendapatkan beberapa penyewa yang berkomitmen," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.