Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Pandemi, Pasokan Perkantoran di Surabaya Naik 7,6 Persen

Kompas.com - 19/07/2021, 11:53 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga Semester I-2021 pasokan gedung perkantoran di Surabaya meningkat sebesar 7,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau Half Year on Half Year (HOH).

Senior Director of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan saat ini total pasokan ruang kantor di Kota Pahlawan tersebut tercatat sebesar 533.325 meter persegi.

"Pasokan ini meningkat salah satunya berasal dari Ciputra World Surabaya Office Tower yang telah beroperasi," kata Ferry dalam laporannya seperti dikutip Kompas.com, Senin (19/07/2021).

Ciputra World Surabaya Office merupakan perkantoran 30 lantai setinggi 172 meter. Gedung ini menawarkan unit kantor dengan luasan beragam, mulai dari 29 meter persegi yang bisa digabungkan sesuai kebutuhan dan ketinggian floor to floor 4,2 meter.

Baca juga: Nihil Permintaan Baru, Perkantoran Jakarta Makin Terpuruk

"Luasannya sangat fleksiblel dan efisien karena dapat dimanfaatkan maksimal sebagai full office dengan rest room yang berada di luar unit, sehingga pemilik bebas mendesain unitnya sesuai keinginan," tutur Ferry.

Tambahan stok pasokan baru ini membuat tingkat okupansi menurun 1.3 persen menjadi hanya 60.4 persen.

Selain itu, banyak sektor usaha yang terdampak pandemi, sehingga mengurangi sewa ruang kantor mereka.

Selama pandemi Covid-19, jumlah pasokan perkantoran cenderung mengalami perlambatan karena terhentinya laju konstruksi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Akibatnya, penyelesaian konstruksi gedung perkantoran pun meleset dari target yang telah ditetapkan.

Namun demikian, penambahan pasokan ruang kantor di Surabaya diperkirakan akan terus terjadi dan mengalami peningkatan hingga akhir tahun.

Meski belum terdapat penyelesaian pengembangan baru, tetapi setidaknya ada dua gedung perkantoran yang telah masuk tahap finalisasi konstruksi dan diperkirakan  beroperasi pada Semester II-2021.

Contohnya, Kantor Satrio dan Pelindo yang siap beroperasi Semester II-2021 ini sehingga  menambah sekitar 116.000 meter persegi pasokan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com