107 Rumah bagi Masyarakat Terdampak Bencana Mulai Dibangun di Dompu

Kompas.com - 05/06/2021, 11:00 WIB
Groundbreaking rumah khusus (rusus) di Desa Daha Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dok.BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRGroundbreaking rumah khusus (rusus) di Desa Daha Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 107 unit rumah khusus (rusus) untuk merelokasi masyarakat terdampak banjir bandang di Desa Daha Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai dibangun.

Hal ini ditandai dengan seremoni groundbreaking (peletakan batu pertama) yang telah dilakukan Kamis (03/06/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Satuan Tugas Pelaksana Penanggulangan Bencana Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Provinsi NTB Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Widiarto mengungkapkan hal ini dikutip dari siaran pers, Sabtu (05/06/2021).

"Rusus yang akan dibangun sebanyak 107 rumah dengan tipe 36 di tanah milik Pemerintah Daerah (Pemda) seluas 28.,670 meter persegi," ucap Widiarto.

Widiarto menargetkan, rusus yang dibangun dengan dengan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) tersebut tuntas Desember tahun ini.

Baca juga: Relokasi Masyarakat Terdampak Bencana di NTT, Pemerintah Guyur Rp 338 Miliar

Menurutnya, pembangunan rusus ini merupakan bentuk nyata dan komitmen bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov), serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Sebab, kata dia, tempat tinggal adalah kebutuhan utama untuk meningkatkan harkat dan martabat sebagai manusia.

Hal ini merupakan moto Kementerian PUPR untuk bekerja keras, bekerja cerdas, bergerak, dan bertindak cepat untuk memberikan bantuan rusus ini.

"Dan semoga rumah ini selesai sesuai target agar masyarakat dapat menghuni rumah dan lingkungan yang nyaman," katanya.

Sementara itu, Bupati Dompu Kader Jaelani yang mewakili masyarakat mengucapkan apresiasi kepada pemerintah yang sudah membantu terealisasinya rusus relokasi bagi masyarakat terdampak bencana banjir bandang beberapa waktu lalu.

"Terima kasih kepada Kementerian PUPR telah berupaya keras dengan aksi cepatnya untuk menghadirkan rumah hunian tetap serta prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk masyarakat Dompu pasca bencana banjir bandang," ucap Kader.

Dia berharap, dengan adanya peletakan baru bertama ini akan disusul dengan pengerjaan lainnya agar masyarakat dapat segera pindah dari lokasi pengungsian.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.