Hunian Bergaya Jepang Daisan, Raih Sertifikasi Ramah Lingkungan EDGE

Kompas.com - 02/06/2021, 14:31 WIB
Daisan Raih Sertifikasi EDGE Sebagai Rumah Ramah Lingkungan Swancity Daisan Raih Sertifikasi EDGE Sebagai Rumah Ramah Lingkungan

JAKARTA, KOMPAS.com - Daisan, perumahan yang dikembangkan Swancity meraih sertifikasi ramah lingkungan Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC).

Daisan secara rata-rata berhasil melakukan penghematan energi sebesar 39,5 persen, penghematan air 32,75 persen, dan penggunaan energi terkandung lebih rendah (less embodied energy) sebesar 52,75 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angka ini melewati standar EDGE yang menetapkan penghematan energi, air, dan penggunaan energi terkandung pada bahan baku sebesar 20 persen dibandingkan dengan bangunan konvensional.

Baca juga: Berkat Insentif PPN, Swancity Raup Penjualan 60 Rumah Seminggu

Dengan bahan baku dan sistem rumah yang berkelanjutan, komplek perumahan Daisan akan mampu mengurangi jejak CO2 dengan menghasilkan operasional emisi karbonnya sebesar rata-rata 7,68 tCO2 per unit rumah tiap tahunnya dan menghemat 5,23 tCO2 per unit per tahun.

Residential Sales Director of Swancity Indonesia Arnold Montana mengatakan, permintaan pasar akan hunian hijau dan perubahan iklim yang diakibatkan oleh hasil bangunan terus meningkat.

"Untuk itu, kami konsisten untuk terus mengembangkan aspek keberlanjutan dan mengadopsi model yang lebih hijau untuk dapat memberikan masa depan yang lebih aman dan hijau bagi masyarakat,” kata Arnold dalam keterangan tertulis, Rabu (02/06/2021).

Daisan meraih sertifikasi EDGE sebagai rumah ramah lingkungan Swancity Daisan meraih sertifikasi EDGE sebagai rumah ramah lingkungan
EDGE sendiri merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh IFC, sebuah lembaga di bawah naungan Bank Dunia.

Sertifikasi ini diberikan kepada pemimpin pasar untuk menunjukkan keunggulan kompetitif dengan membedakan produk mereka demi memberi nilai tambah pada kehidupan pelanggannya.

Sertifikasi bangunan hijau EDGE telah hadir di 170 negara. Perhitungan untuk penghematan energi meliputi pengurangan rasio antara jendela dan tembok, sistem pendinginan, dan bohlam lampu hemat energi di area outdoor dan indoor.

Sementara pada sektor pengukuran air, evaluasi meliputi aliran rendah pada air pancuran, keran di bak cucian dapur dan wastafel, serta siraman (flush) pada kloset.

Baca juga: Daisan, Perkongsian Jepang dan Singapura di Tangerang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.