Kompas.com - 05/05/2021, 16:00 WIB
Beberapa kendaraan melintas di ruas Tol Solo-Ngawi, Jumat (24/5/2019). Pada arus mudik Lebaran ini diperkirakan sekitar 31.000 kendaraan melewati Tol Solo-Ngawi setiap harinya. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIBeberapa kendaraan melintas di ruas Tol Solo-Ngawi, Jumat (24/5/2019). Pada arus mudik Lebaran ini diperkirakan sekitar 31.000 kendaraan melewati Tol Solo-Ngawi setiap harinya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan akan menyediakan lokasi posko kesehatan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area jalan tol.

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasamarga Related Business (JMRB) Tita Paulina mengatakan, penyediaan posko kesehatan ini merupakan dukungan pelaksanaan tes acak antigen Covid-19 di jalan tol.

"Pelaksanaan random check sampling rapid testini berkoordinasi dengan Satuan Petugas (Satgas) Covid-19 di daerah," tutur Tita dalam konferensi pers Kesiapan Layanan Operasi Idul Fitri 1442 Hijriah/Tahun 2021, Selasa (04/05/2021).

Tita menjelaskan, ada beberapa rest area yang sudah dipastikan menyediakan posko kesehatan tes antigen Covid-19 yakni, TIP KM 519 B Tol Solo-Ngawi, TIP KM 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), TIP KM 72A dan 88A Jalan Tol Cipularang.

Selain itu, kata Tita, Jasa Marga juga membatasi parkir di rest area dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Hal ini dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di jalan tol.

Baca juga: Hanya 1x24 Jam, Masa Berlaku Tes PCR, Antigen dan GeNose untuk Perjalanan KA Jarak Jauh

Dalam rangka mendukung pelarangan mudik Lebaran 2021, Jasa Marga telah melakukan beberapa strategi pada masa ini.

Misalnya, memasang CCTV di lokasi titik penyekatan, termasuk di akses keluar dan masuk (putaran kendaraan).

Kemudian, melakukan pemantauan arus lalu lintas (lalin) di jalan tol melalui udara (highway sky patrol), khususnya di Pulau Jawa bersama Indonesia Flying Club (IFC).

Patroli melalui udara ini dilakukan pada arus mudik 5-6 Mei 2021 dan arus balik pada 16-17 Mei 2021 untuk dilaporkan ke Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.