Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Travoy Rilex! Anda Bisa Tahu Tempat Mandi Bersih di Rest Area

Kompas.com - 09/04/2021, 20:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Related Business (JMRB) dan PT Jawara Bersih Nusantara meresmikan tempat mandi bersih berbasis teknologi terkini “Travoy Rilex!" di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area KM 88 B di Jalan Tol Cipularang, Jumat (09/04/2021).

Direktur Bisnis Komersial JMRB Imad Zaky Mubarak mengatakan, tempat mandi ini terintegrasi dengan aplikasi Jamban.id yang dikembangkan Jawara Bersih Nusantara.

Selain itu, Travoy Rilex! juga terintegrasi dengan Travoy milik Jasa Marga yang dapat mengakomodasi kebutuhan pengguna jalan tol untuk menyegarkan tubuh sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

“Kehadiran Travoy Rilex! berbasis teknologi ini membawa semangat transformasi digital bagi JMRB, khususnya Jasa Marga Group," terang Zaky dikutip dari siaran pers, Jumat (09/04/2021).

Zaky menuturkan, nantinya Travoy Rilex! tidak hanya ditemui di rest area KM 88 B Tol Cipularang saja, melainkan di seluruh rest area yang dikelola oleh JMRB di seluruh Indonesia.

Dia juga menjelaskan, selama ini fasilitas tempat mandi belum tersedia di rest area.

Hal ini disebabkan pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) rest area mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Baca juga: Sambut Lebaran, 21 Rest Area Tol Trans-Sumatera Siap Beroperasi

Dalam beleid tersebut, fasilitas yang tersedia di rest area hanya mengatur ketersediaan toilet.

Sehingga, kata Zaky, ketersediaan tempat mandi membuka peluang bagi JMRB untuk mengembangkan rest area dari sekadar tempat beristirahat, tapi juga sebagai sentra bisnis, seperti logistik dan destinasi wisata.

Ketentuan ini tercantum dalam PP Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat atas PP Nomor 15 Tentang Jalan Tol yang akan disusul dengan perubahan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 10 Tahun 2018 tentang Rest Area.

Sementara itu, CEO PT Jawara Bersih Nusantara Rudy Wahyu Perdana mengatakan, pengembangan Travoy Rilex! di rest area merupakan langkah tepat.

Sebab, hal ini bisa memaksimalkan pelayanan dengan menghadirkan fasilitas sanitasi berkualitas nyaman, bersih, dan aman.

Menurut Rudy, terintegrasinya Travoy Rilex! dengan aplikasi Jamban.id akan memberikan kemudahan informasi bagi pengguna jalan tol mengenai letak toilet dan tempat mandi yang dikelola oleh Jamban.id.

Selain itu, juga fitur-fitur lainnya yang dapat memberikan kemudahan akses fasilitas sanitasi berkualitas.

"Maka, Jamban.id diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat di Indonesia akan sarana sanitasi memadai, sehat, aman dan nyaman,” tutup Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com