Kompas.com - 28/04/2021, 08:00 WIB
Progres Fisik MRT Fase II Capai 15,36 Persen, Tunneling Akan Dimulai November 2021 MRT JakartaProgres Fisik MRT Fase II Capai 15,36 Persen, Tunneling Akan Dimulai November 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim mengungkapkan progres fisik MRT Jakarta Fase 2A telah mencapai 15,36 persen.

Contract Paket (CP) 201 tersebut meliputi pembangunan Stasiun Thamrin, Stasiun Monas dan juga tunneling atau terowongan dari Bundaran HI sampai Harmoni per 25 April 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Silvia merinci, pekerjaaan yang tengah dilakukan di Stasiun Tahrim yaitu power blender dan guide wall di shaft selatan, relokasi drainase shaft selatan, dan jet grout.

Sementara pekerjaan di Stasiun Monas mencakup D-Wall, kingpost, jet grout di RSS dan pembangunan Pos Polisi Medan Merdeka.

Baca juga: Fasilitas Sepeda Non-lipat MRT Fase 2, Ada Area Parkir, Shower hingga Cuci Ban

"Kami juga menyelesaikan relokasi pembangunan Pos Polisi yang ada di Jalan Medan Merdeka Barat ke lokasi barunya yang ada di sisi barat daya Monas," ujar Silvia dalam diskusi virtual, Selasa (27/04/2021).

Selain itu, sedang dilakukan pula pekerjaan pemasangan silo yaitu bagian dari prasarana untuk pembangunan stasiun.

Pemasangan silo dengan isi material bentonite digunakan untuk membantu proses galian di kawasan Thamrin.

Sebelumnya, MRT Jakarta telah menandatangani kontrak pembangunan CP203 dengan Sumitomo Mitsui Construction Company Jakarta-Hutama Karya Join Operation (SMCC-HK JO).

CP203 akan mengerjakan dua stasiun bawah tanah, yaitu Stasiun Glodok sepanjang 240 meter dan Stasiun Kota sepanjang 411,2 meter serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 kilometer

Baca juga: Pembangunan Terowongan MRT Fase 2A Dimulai November 2021

Adapun total nilai kontrak sebesar Rp 4,6 triliun dengan masa konstruksi selama 72 bulan (September 2021-Agustus 2027).

Konstruksi fisik dimulai pada 2021, saat ini sedang dilaksanakan soil investigation untuk mengecek kondisi tanah untuk mematangkan persiapan sebelum konstruksi dimulai.

"Saat ini juga sedang dilaksanakan koordinasi dengan kontraktor untuk penyampaian Performance Security & Advance Payment Security, untuk keperluan proses Advance Payment," tuntas Silvia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.