Fasilitas Sepeda Non-lipat MRT Fase 2, Ada Area Parkir, Shower hingga Cuci Ban

Kompas.com - 27/04/2021, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta akan melakukan pengembanan fasilitas sepeda non-lipat Stasiun MRT Fase 2.

Pengembangan tersebut didasarkan pada sejumlah masukan dari berbagai komunitas dan masyarakat seperti ITDP, Bike2Work, dan Dishub DKI Jakarta.

"Kami akan melakukan pengembangan fasilitas sepeda non-lipat Stasiun MRT fase 2," kata Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi dalam diskusi virtual, Selasa (27/04/2021).

Effendi menjelaskan, tahap pegembangan fase 2 ini, terdapat tambahan fasilitas untuk sepeda non-lipat di Stasiun MRT Jakarta.

Baca juga: Conveyor Belt dan Troli Sepeda Non-lipat Akan Disediakan MRT Jakarta

Salah satunya yaitu akan tapping gate yang lebar dan disertai dengan QR Qode.

"Jadi akan ada tapping gate yang lebar dan QR Code. Saat ini kan tapping gate dan QR Code itu sudah terpaang tetapi ukurannya masih kecil," ungkap dia.

Selain itu, MRT Jakarta juga akan membuat area parkir sepeda dengan sistem penguncian yang aman dan dilengkapi CCTV.

Fasilitas ini juga akan dilengkapi dengan loker, shower, dan tempat cuci ban sepeda.

"Semua yang akan kami lakukan ini juga merupakan masukan-masukan yang diberikan oleh sejumlah komunitas dan masyarakat. Insya Allah ke depan di fase 2 akan lebih baik," tambah dia.

Hingga saat ini antusiasme masyarakat pengguna sepeda di MRT Jakarta kian meningkat. Peningkatan itu mencapai 208 sepeda per hari yang terjadi pada akhir pekan keempat Maret 2021.

Karenanya, terdapat sejumlah masukan dan keluhan terkait fasilitas akses sepeda non-lipat yang ada saat ini.

Di antaranya aksesabilitas naik turun jalur akses sepeda yang masih berat, dan minimnya lokasi parkir sepeda di area MRT.

Selanjutnya terkait kapasitas kereta khusus sepeda yang masih terbatas, jalur ramp yang licin, tempat parkir dengan sistem yang lebih aman, loker, tempat mandi, dan ganti baju di stasiun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.