Plus Minus Gunakan Panel Surya di Rumah, Apa Saja Itu?

Kompas.com - 22/04/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi panel surya. SHUTTERSTOCK/FOXBATIlustrasi panel surya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan panel surya sebagai salah satu alternatif atau sumber utama energi kian menjadi tren terutama pada bangunan perumahan.

Energi surya dinilai menjadi salah satu langkah masa depan untuk dapat memaksimalkan cahaya matahari sebagai sumber energi listrik di rumah.

Namun apa saja kelebihan menggunakan panel surya dibandingkan dengan energi listrik konvensional sebagai sumber energi di rumah?

Baca juga: Gunakan Energi Surya, Gereja Katedral Jakarta Hemat Biaya Listrik 30 Persen

Mengapa banyak yang memilih panel surya dan banyak juga masyarakat yang masih menggunakan energi konvensional?

Berikut hal yang mesti Anda ketahui tentang panel surya:

1. Tagihan listrik lebih terjangkau

Selain ramah lingkungan, salah satu kelebihan utama menggunakan panel surya sebagai sumber energi adalah dapat menghemat biaya tagihan listrik.

Dengan panel surya, Anda tidak perlu pusing tentang biaya listrik yang kian membengkak setiap akhir bulan.

Panel surya akan dapat menghasilkan energi sendiri di rumah yaitu dengan memanfaatkan cahaya alami panas matahari yang kemudian dapat Anda konversi menjadi energi.

2. Biaya pasang panel surya mahal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X