Selain Kendalikan Banjir Jakarta, Bendungan Sukamahi Bakal Jadi Taman Ekowisata

Kompas.com - 15/04/2021, 11:00 WIB
Bendungan Sukamahi. Dok. Kementerian PUPR.Bendungan Sukamahi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep Ecotourism Park atau Taman Ekowisata dengan pemanfaatan kawasan konservasi pada Bendungan Sukamahi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat tengah dikembangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Nantinya, pembangunan bendungan tidak hanya sebagai bagian dari rencana induk (masterplan) pengendalian banjir Provinsi DKI Jakarta saja, juga pengembangan ekowisata kawasan Puncak Bogor.

Pengembangan bendungan ini memanfaatkan potensi sumber daya alam dan mengedepankan perlindungan ekosistem.

Demikian disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (14/04/2021).

Baca juga: Tak Dibiarkan Gundul, Bendungan Tukul Pacitan Ditanami 655 Pohon

"Tujuan utama konsep ini adalah mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan dengan mengembangkan potensi cara berkelanjutan," terang Basuki.

Konsep Taman Ekowisata Bendungan Sukamahi akan memanfaatkan kawasan terpadu pada bendungan itu sendiri seperti konservasi alam pada area sabuk hijau atau greenbelt.

Lalu, dikembangkan menjadi forest conservation park atau hutan konservasi yang mempunyai fungsi utama menjaga kelestarian dan keberlangsungan tumbuhan khas setempat yaitu pohon Suren dan Damar.

Kawasan ini juga akan dilengkapi fasilitas kebun di hutan, trail/track, rest area, dek wisata, toilet, signage dan pusat informasi.

Jadi, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata seperti rekreasi luar ruang, bushwalking, jogging, bersepeda, berkuda, bird watching, dan sebagainya.

Pengembangan ekowisata Bendungan Sukamahi akan memanfaatkan badan air menjadi natural river valley basin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X