Hindari Kesalahan Desain Kamar Mandi seperti Ini...

Kompas.com - 28/03/2021, 21:24 WIB
Ilustrasi kamar mandi. PEXELS/CHRISTA GROVERIlustrasi kamar mandi.

KOMPAS.com - Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa kantong mata yang tampak begitu gelap di bawah mata hanya tampak mencolok ketika berkaca di kamar mandi?

Hal ini bisa terjadi karena Anda menempatkan lampu tepat di atas cermin. Cahaya lampu yang datang dari atas cermin mampu menghasilkan bayangan di bawah mata.

Kasus tersebut membuat penempatan pencahayaan, khususnya di kamar mandi, menjadi menarik.

Kamar mandi tidak lagi semata-mata menjadi tempat untuk membersihkan tubuh atau melakukan kewajiban biologis.

Kini, kamar mandi bisa menjadi tempat untuk berdandan, menikmati segelas anggur sembari bersantai, atau justru membaca buku. Berbagai kegiatan ini butuh pencahayaan yang tepat.

Baca juga: Rumah Sempit Bisa Bikin Anda Tetap Bahagia, Ini Cara Mengakalinya!

Sayangnya, sebagian pemilik rumah terburu-buru dalam memberikan pencahayaan. Sebagian orang lain malah hanya memberikan satu pencahayaan menyorot ke bawah di tengah-tengah kamar mandi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penempatan pencahayaan yang tidak tepat membuat bayangan jatuh pada posisi tidak ideal. Ada beberapa ahli pencahayaan lain membicarakan hal serupa.

Salah satunya Randall Whitehead, seorang desainer pencahayaan.

"Selain tidak efektif untuk bercukur atau menggunakan riasan (make-up), secara visual lampu ini mampu membuat Anda lebih tua sepuluh tahun," ujar Whitehead, seperti dikutip Huffington Post.

Whitehead mengatakan, daripada menggunakan lampu tepat di atas cermin kamar mandi, sebaiknya gunakan lampu setinggi mata penggunanya di kanan dan kiri cermin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X