Mengintip Kesiapan Infrastruktur Brisbane, Bakal Host Olimpiade 2032

Kompas.com - 28/02/2021, 22:00 WIB
Stadion Carrara Brisbane Queensland Australia abc.net.auStadion Carrara Brisbane Queensland Australia

KOMPAS.com - Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland, Australia, digadang-gadang bakal menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas Tahun 2032.

Hal itu diketahui setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan Brisbane sebagai kota pilihan digelarnya ajang olahraga bergengsi tingkat internasional tersebut.

Jika Brisbane terpilih sebagai tuan rumah, untuk ketiga kalinya Australia akan menjadi tempat pesta olahraga paling akbar di dunia.

Sementara, Jakarta yang sebelumnya masuk dalam daftar calon tuan rumah mesti menelan pil pahit karena gagal menjadi pilihan.

Baca juga: Diakui FINA, Arena Akuatik PON Papua Penuhi Standar Olimpiade

Brisbane menjadi pilihan sebagai host karena alasan kesiapan infrastruktur, pengalaman menyelenggarakan kegiatan internasional, dan cuaca yang dapat mendukung kegiatan acara.

Berikut kesiapan infrastruktur di Brisbane, sebagai calon terkuat tuan rumah Olimpiade 2032:

1. Sejumlah 19 venue untuk semua cabang olahraga sudah dibangun

Melansir abc.net.au, Brisbane menyiapkan 31 venue sebagai lokasi kompetisi untuk berbagai cabang olahraga.

Keseluruhan venue ini tersebar di tiga lokasi utama yaitu Brisbane 21 venue, Gold Coast enam venue, dan Sunshine Coast tiga venue.

Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk mengatakan 85 persen venue tersebut telah dibangun dan siap untuk digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X