Kompas.com - 15/02/2021, 14:00 WIB
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan GM Pelindo 1 Sibolga M Eriansyah melepas kapal ekpsor perdana di Pelabuhan Sibolga pada Sabtu (13/2/2021) Dok: Diskominfo Provinsi SumutWakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan GM Pelindo 1 Sibolga M Eriansyah melepas kapal ekpsor perdana di Pelabuhan Sibolga pada Sabtu (13/2/2021)

MEDAN, KOMPAS.com - Ekspor perdana komoditas kayu lapis atau plywood produksi Mujur Timber dilepas oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah di Pelabuhan Indonesia 1 Cabang Sibolga.

Ekspor dengan volume 5.732 meter kubik senilai Rp 20 miliar ini dilepas dengan tujuan Antwerp, Belgia, dan Tilbury dan Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ekspor menggunakan kapal MV Beautriumph berbendera Belanda dengan bobot 5.132 GT dan panjang 118,4 meter.

Musa mengapresiasi dan mendukung kegiatan ekspor pada Sabtu (13/2/2021) tersebut. Dia berharap berkelanjutan sehingga kawasan Pantai Barat Sumatera dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional dan wilayah sekitarnya. 

"Kapal akan langsung ke Inggris dan Belgia, menghantarkan barang kita ke sejumlah negara sekaligus mempromosikan daerah asal barang yang diekspor," kata Musa dalam keterangan tertulis, Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Ini Tampilan Pelabuhan Sibolga yang Diklaim Terbaik se-Asia Pasifik

Dia meminta daerah yang dekat dengan Pantai Barat seperti Aceh memanfaatkan Pelabuhan Sibolga.

Alasannya, ekspor barang ke berbagai negara lebih mudah, murah dan tenaga kerja yang terserap akan meningkat. 

"Kondisi pelabuhan penumpang juga sudah sangat baik. Ke depan, kalau jumlah penumpang meningkat ukuran pelabuhan akan diperbesar," ujar Musa.

General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga Muhammad Eriansyah menambahkan, ekspor perdana ini merupakan milestone Pelabuhan Sibolga karena menjadi momentum yang menandai kesiapan pelabuhan melaksanakan kegiatan bongkar muat internasional. 

Pelabuhan SibolgaDok. Kementerian Perhubungan Pelabuhan Sibolga
Eriansyah berharap dukungan dari pemerintah daerah dan instansi terkait untuk selalu memacu dan merangsang para pengusaha lokal agar berlanjut melakukan ekspor komoditas dari wilayah Barat Pulau Sumatera ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.