Champs-Élysées, Jalan Paling Popular Se-Dunia Bakal Disulap Jadi Taman

Kompas.com - 13/01/2021, 18:20 WIB
Paris ubah jalan Champ Elysees jadi taman ramat pejalan kaki. DezeenParis ubah jalan Champ Elysees jadi taman ramat pejalan kaki.

KOMPAS.com - Jalan terkenal dan ikonik di Kota Paris, Perancis, yaitu Champs-Élysées akan diubah jadi ruang publik ramah pejalan kaki.

Wali Kota Paris Anne Hidalgo mengatakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan media Le Journal du Dimanche Minggu (10/01/2021) yang dikutip Kompas.com dari Dezeen, Rabu (13/01/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hidalgo menjelaskan, jalan Champs-Élysées ini akan diubah menjadi taman raksasa yang pekerjaannya dijadwalkan tuntas pada tahun 2030.

Tanaman hijau akan dibangun dan menutup setengah dari delapan jalur jalan raya untuk lalu lintas yang ada saat ini.

Baca juga: Kota-kota Besar Dunia Perluas Jalur Pejalan Kaki dan Sepeda

Hidalgo menyebut tujuan dari penghijauan ini adalah untuk meningkatkan kualitas udara di jalan sepanjang 1,9 kilometer dan menjadikannya ruang publik yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Polusi tinggi

Jalan Champs-Élysées ini akan diubah menjadi taman raksasa yang pekerjaannya dijadwalkan tuntas pada tahun 2030.Dezeen Jalan Champs-Élysées ini akan diubah menjadi taman raksasa yang pekerjaannya dijadwalkan tuntas pada tahun 2030.
Jalan Champs-Élysées ini menghubungkan Arc de Triomphe dengan Place de la Concorde.

Dibangun oleh André Le Nôtre tahun 1667 sebagai perpanjangan dari taman di Istana Tuileries, jalan ini sekarang menjadi salah satu akses ke pusat perbelanjaan paling popular di dunia.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, distrik ini dibanjiri oleh wisatawan dengan kendaraan.

Menurut PCA-Stream yang merupakan salah satu perusahaan arsitektur, rata-rata 3.000 kendaraan melewati jalan Champs-Élysées setiap jamnya.

Tak pelak jika tingkat nitrogen dioksida di distrik ini dua kali lipat dari batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.