Megaproyek Jalur Dwi Ganda Manggarai-Jatinegara Paket A Tuntas Dibangun

Kompas.com - 13/01/2021, 14:38 WIB
Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara. Dok. PT Hutama Karya (Persero).Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) merampungkan konstruksi double-double track (DDT) atau Jalur Dwi Ganda Paket A yang menghubungkan Manggarai-Jatinegara pada 16 Desember 2020 lalu.

Pembangunan DDT Manggarai-Jatinegara senilai lebih dari Rp 1 triliun ini merupakan salah satu mega proyek milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dalam mengerjakan proyek ini, PT Hutama Karya (Persero) menggandeng  PT Modern Surya Jaya dan PT Mitra Engineering Grup selaku perusahaan swasta spesialis pekerjaan rel kereta dengan skema Kerja Sama Operasi (KSO).

Direktur Operasi II PT Hutama Karya (Persero) Novias Nurendra mengatakan, porsi Hutama Karya pada proyek ini sebanyak 41 persen.

"Proyek ini mencakup dua jalur pekerjaan yakni di Commuter Line ( Stasiun Manggarai-Matraman-Jatinegara) dan (Stasiun Cikini-Manggarai-Tebet)," terang Novias dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Hutama Karya Garap Rumah Sakit Terbesar di NTT Rp 350,2 Miliar

Total panjang rel Stasiun Manggarai-Matraman-Jatinegara dirancang sekitar 1,44 kilometer yang sudah dilakukan uji coba pada pertengahan 2020 lalu.

Sementara, untuk Stasiun Cikini-Manggarai-Tebet dirancang dengan panjang rel 2,22 kilometer yang akan dioperasikan segera.

Dia menjelaskan, dalam proyek ini, Hutama Karya mengerjakan erection box (pemasangan box) dengan menggunakan launcher gantry sekaligus mengguna metode span by span (konstruksi bentang jembatan ke jembatan) serta pekerjaan erection cast in-situ dan erection by shoring.

Pengembangan DDT bertujuan untuk memisahkan jalur kereta api jarak jauh, KRL, dan kereta bandara di Stasiun Manggarai.

Selain itu, kelak jika sudah beroperasi jalur dwi ganda ini diharapkan memudahkan mobilitas masyarakat di wilayah Jabodetabek, karena bertambahnya jumlah kapasitas pergerakan kereta api di jalur Bekasi maupun Bogor.

"Selain itu, jalur ganda ini juga mempercepat proses tunggu dan membuat kawasan tertata lebih rapi," pungkas Novias.

Berikut ini foto-foto megaproyek tersebut:

Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara.Dok. PT Hutama Karya (Persero). Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara.

Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara.Dok. PT Hutama Karya (Persero) Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara.

Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara.Dok. PT Hutama Karya (Persero). Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X