Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Champs-Élysées, Jalan Paling Popular Se-Dunia Bakal Disulap Jadi Taman

Wali Kota Paris Anne Hidalgo mengatakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan media Le Journal du Dimanche Minggu (10/01/2021) yang dikutip Kompas.com dari Dezeen, Rabu (13/01/2021).

Hidalgo menjelaskan, jalan Champs-Élysées ini akan diubah menjadi taman raksasa yang pekerjaannya dijadwalkan tuntas pada tahun 2030.

Tanaman hijau akan dibangun dan menutup setengah dari delapan jalur jalan raya untuk lalu lintas yang ada saat ini.

Hidalgo menyebut tujuan dari penghijauan ini adalah untuk meningkatkan kualitas udara di jalan sepanjang 1,9 kilometer dan menjadikannya ruang publik yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Dibangun oleh André Le Nôtre tahun 1667 sebagai perpanjangan dari taman di Istana Tuileries, jalan ini sekarang menjadi salah satu akses ke pusat perbelanjaan paling popular di dunia.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, distrik ini dibanjiri oleh wisatawan dengan kendaraan.

Menurut PCA-Stream yang merupakan salah satu perusahaan arsitektur, rata-rata 3.000 kendaraan melewati jalan Champs-Élysées setiap jamnya.

Tak pelak jika tingkat nitrogen dioksida di distrik ini dua kali lipat dari batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Oleh karena itu, kebijakan untuk mengubah jalan raya menjadi taman hijau ini mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat.

Salah satunya dari Komite Champs-Élysées. Mereka menyebut jalan Champs-Élysées layak untuk bersinar kembali sebagai sebuah pendekatan pada alam dan kesejahteraan, kota yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan diinginkan.

PCA-Streams dipercaya menggarap konstruksinya, dan mereka yakin bahwa perubahan ini akan menjadikan Paris sebagai kota yang lebih baik.

Alun-alun Place de la Concorde juga akan didesain ulang, dengan koneksi ke Taman Tuileries dan Taman Champs Élysées yang telah diperbarui.

Tuntas 2030

Sebagian besar perbaikan Champs-Élysées diproyeksikan selesai pada tahun 2030, tetapi desain ulang Place de la Concorde akan tuntas lebih awal, pada saat Olimpiade Musim Panas 2024.

Rencana induk untuk pertandingan Olimpiade 2024 diawasi oleh arsitek Populous dan insinyur Egis, dan akan menampilkan 38 venue Olimpiade dan Paralimpiade yang tersebar di seluruh kota.

Saat ini sedang didesain ulang jalan menuju Menara Eiffel sebagai akses perhelatan pembukaan Olimpiade.

Selain itu, Paris juga berencana melaksanakan pembangunan empat hutan kota di situs bersejarah sebagai upaya meningkatkan kualitas udara dan mengatasi perubahan iklim.

Satu di antara huta kota itu dibangun di Place de l'Hotel de Ville dan Gare de Lyon.

https://properti.kompas.com/read/2021/01/13/182052921/champs-lyses-jalan-paling-popular-se-dunia-bakal-disulap-jadi-taman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke