Pemerintah Pantau Kualitas Rumah Subsidi Rp 19,1 Triliun via SiPetruk

Kompas.com - 07/01/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi rumah subsidi. KOMPAS.com / DANI PRABOWOIlustrasi rumah subsidi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) telah mengalokasikan dana bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun 2021 sebesar Rp 19,1 Triliun untuk 157,500 unit rumah.

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan untuk memastikan kualitas bangunan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, supervisi bangunan akan dilakukan melalui aplikasi sistem Pemantauan Konstruksi atau SiPetruk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tahun 2021 ini PPDPP juga berfokus pada kualitas bangunan, sesuai dengan target Menteri PUPR dalam melaksanakan supervisi bangunan yang salah satunya melalui aplikasi Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk)," kata Arief dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (07/01/2021).

Baca juga: Subsidi FLPP 2020 Ditutup Sebesar Rp 11,23 Triliun untuk 109.253 Rumah

Arief menjelaskan melalui aplikasi SiPetruk, mekanisme pemantauan PPDPP kini tidak hanya memastikan tingkat keterhunian, melainkan juga kualitas hunian yang dibangun oleh pengembang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Ada hal lain yang ditemui di lapangan, salah satunya ketidaksiapan sarana prasarana dan lingkungan perumahan.

"Hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa masih terdapat masyarakat yang belum menghuni rumahnya. Kami tidak ingin dalam kondisi seperti ini justru masyarakat yang menjadi korban” tuturnya.

Kendati demikian, PPDPP tidak serta merta melakukan penindakan pencabutan subsidi apabila menemukan kasus ketidakhunian.

PPDPP akan melakukan pembinaan terhadap pengembang apabila ditemukan fakta ketidaksiapan sarana dan lingkungan yang menjadi faktor rumah tidak dihuni.

Saat ini, aplikasi SiPetruk masih dalam tahap pengenalan kepada para pengembang yang dilakukan selama 6 bulan atau akan berakhir  Juli 2021.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.