Jangan Tertipu Rumah Bercat Baru, Cek Dulu 7 Hal Sebelum Bertransaksi

Kompas.com - 22/12/2020, 19:53 WIB
7 Faktor Sebelum Menjual Rumah Shutterstock7 Faktor Sebelum Menjual Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli rumah pada dasarnya sama sulitnya dengan menjual rumah.

Butuh pertimbangan matang untuk menentukan rumah yang akan kita huni dalam jangka waktu yang panjang.

Karena membeli rumah tidak seperti membeli barang lain pada umumnya yang mudah dan instan untuk didapatkan. Butuh riset, perbandingan, pengecekan fisik, biaya, dan lainnya.

Pembeli pastinya ingin mendapatkan rumah yang dapat memenuhi semua keinginan dan kebutuhan. Mulai dari fasilitasi, lokasi, dan bahkan ruangan di dalam rumah tersebut.

Terlebih jika rumah yang Anda beli dibanderol dengan harga yang sesuai kantong atau anggaran.

Baca juga: 6 Tips Amankan Rumah Anda Sebelum Liburan Akhir Tahun

Setelah menemukan rumah yang Anda idamkan, jangan langsung menandatangani transaksi. Anda harus mempertimbangkan tujuh hal ini:

1. Inspeksi bagian rumah secara menyeluruh

Secara sekilas, barangkali rumah itu terlihat indah, mewah, estetik, lengkap dan penuh dengan hal-hal yang membuat Anda antusias.

Padahal, Anda lupa melakukan inspeksi bagian rumah secara menyeluruh. Segera dapatkan informasi menyeluruh terkait rumah tersebut.

Bila perlu sewa jasa profesional untuk dapat menginspeksi kondisi rumah mulai dari halaman depan, interior, eksterior, hingga halaman belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X