Kompas.com - 22/12/2020, 16:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 banyak orang yang akan pergi meninggalkan rumahnya untuk mudik atau menghabiskan waktu di luar kota.

Bahkan banyak yang mulai sibuk merencanakan agenda liburannya seperti mencari tujuan tempat berlibur hingga mempersiapkan barang-barang yang hendak dibawa.

Namun, karena kesibukannya itu, akhirnya banyak yang justru lupa mengondisikan rumah yang akan ditinggalkan dalam keadaaan aman.

Kasus pencurian, atau pembobolan, dan kebakaran rumah kerap terjadi pada saat liburan panjang. Hal ini bisa terjadi, karena pemilik rumah lalai dan abai mengamankan rumahnya.

Baca juga: 7 Cara Bangun Rumah Aman dari Banjir

Untuk menghindainya, ada sejumlah tips mengamankan rumah Anda saat berlibur:

1. Batalkan jasa pengiriman, dan layanan apapun

Batalkan semua jasa pengiriman dan layanan apa pun. Misalnya pengiriman barang, makanan, atau surat yang ditujukan ke alamat rumah Anda.

Dengan membatalkan jasa pengiriman dan layanan tersebut artinya Anda telah mengamankan rumah terutama dari orang asing atau orang yang tak dikenal.

Selain itu, meminimalisasi risiko barang yang Anda pesan itu hilang atau salah pengiriman.

2. Berkabar pada tetangga sebelah rumah

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.