BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Lagi Murah, Ini Waktunya Beli Properti untuk Investasi

Kompas.com - 11/12/2020, 11:03 WIB
Ilustrasi berinvestasi properti. JcompIlustrasi berinvestasi properti.
|

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 membuat kebanyakan orang jadi berhati-hati dalam hal keuangan. Beberapa sektor bisnis pun terimbas. Salah satunya, produk properti.

Berdasarkan laporan Rumah.com Indonesia Property Market Index yang dimuat Kompas.com, Senin (20/11/2020), pasar properti pada kuartal III 2020 masih tetap dalam kondisi buyer’s market alias lebih banyak penawaran ketimbang permintaan. Keadaan serupa sudah terjadi sejak kuartal I 2020.

Adapun penawaran yang diberikan pengembang berupa potongan harga, kemudahan kredit, dan suku bunga terjangkau. Bahkan, sejumlah developer tak segan menjual produk properti berikut kelengkapan furnitur alias fully furnished product.

Keadaan itu merupakan peluang emas bagi masyarakat yang mempunyai dana memadai dan berkeinginan menjajal investasi properti.

Strategi investasi properti

Investasi properti diartikan sebagai kegiatan membeli produk real estat, seperti rumah, rumah toko (ruko), atau tanah kosong untuk disewakan atau dijual kembali demi mendapatkan return of investment atau laba.

Karena itu, supaya investasi properti bisa memberikan keuntungan, pembelian produk properti tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada baiknya Anda mengetahui dulu tujuan dan target dari investasi, kemudian baru tentukan jenis produk properti yang sesuai.

Misalnya saja, tujuan investasi ingin memperoleh pendapatan sewa dari kalangan pemilik usaha. Maka, produk properti yang sesuai untuk kebutuhan itu adalah ruko.

Menurut perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi Mike Rini Sutikno dalam Kompas TV, Kamis (29/3/2018), penyewaan ruko baru bisa menguntungkan jika lokasinya berada di kawasan strategis, ramai, dan memiliki legalitas sehingga dapat terhindar dari perkara sengketa lahan.

Sementara itu, bila menginginkan laba dari end user alias masyarakat umum, properti residensial, seperti rumah atau apartemen, adalah jawabannya. Serupa dengan ruko, investor bisa meraup keuntungan dengan cara menyewakan produk hunian tersebut.

Pada dasarnya, lokasi hunian tidak perlu strategis, asalkan berada di lingkungan yang nyaman, asri, dan dilengkapi fasilitas penunjang.

Soal biaya perawatan, Mike mengatakan, sewa ruko lebih hemat biaya dibandingkan produk residensial. Tak jarang, saat masa rental habis, pemilik mesti mengecat ulang rumah tapak atau apartemen kembali agar hunian tampak bersih dan nyaman. Belum lagi bila ada kerusakan lain, seperti atap bocor atau tembok retak.

Pilihan pengembang

Jika sudah mengetahui produk properti yang cocok sebagai investasi, kini saatnya memilih pengembang. Kalau bisa, pilih juga pengembang yang berpengalaman dan memiliki portofolio baik.

Umumnya, produk properti yang dibangun developer berpengalaman memiliki fasilitas memadai. Sebab, segalanya sudah diperhitungkan. Salah satu contohnya Sinar Mas Land.

Kawasan BSD City, Sinar Mas Land Kawasan BSD City, Sinar Mas Land

Kredibilitas Sinar Mas Land sebagai perusahaan pengembang properti telah diakui baik di dalam negeri maupun internasional. Hal ini dapat dilihat dari sejumlah penghargaan yang berhasil disabet berkali-kali dalam kurun lima tahun ke belakang.

Sebut saja FIABCI Awards, Asia Pacific Property Awards, MIPIM Asia Awards, Asia Property Awards, dan BCI Asia Awards.

Terbaru, developer yang telah mengembangkan lebih dari 50 proyek tersebut dinobatkan sebagai Best Developer dari Indonesia Property Award 2020 dan World Branding Awards.

Caelus-Greenwich Park memenangkan predikat Best High End Housing Development versi Indonesia Property Awards 2020. Caelus-Greenwich Park memenangkan predikat Best High End Housing Development versi Indonesia Property Awards 2020.

Selain berprestasi dan memiliki produk properti berkualitas, Sinar Mas Land juga kerap menggelar program keringanan harga untuk memudahkan konsumen memiliki properti atau hunian idaman.

Contohnya, Move in Quickly periode tiga yang tengah berlangsung hingga 31 Desember 2020. Lewat program ini, konsumen bisa mendapatkan diskon untuk pembelian seluruh produk properti Sinar Mas Land, baik itu yang ready stock maupun under construction, serta berlaku untuk semua metode pembayaran, yakni tunai dan kredit.

Adapun keuntungan yang ditawarkan terdiri dari potongan harga sampai dengan 10 persen, lucky discount hingga tiga persen, deposito Rp 150 juta, dan bebas biaya untuk Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), asuransi, provisi, serta administrasi.

Selain itu, dalam rangka hari belanja properti Sinar Mas Land, mulai tanggal 5-12 Desember 2020, Sinar Mas Land memberikan tambahan diskon Move In Quickly hingga tiga persen plus dua persen, serta kesempatan mendapatkan logam mulia hingga 10 gram dan shopping voucher sampai dengan Rp 2 juta.

Bagi yang tertarik berinvestasi properti dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai program Move in Quickly, silakan kunjungi laman www.sinarmasland.com/moveinquickly atau hubungi 021 53159000.

Karena pasar properti lagi murah, ini waktunya beli properti untuk investasi.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya