PP Penyelenggaraan Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum Sedang Disusun

Kompas.com - 27/11/2020, 09:10 WIB
Bedungen Tapin di Kalimantan Selatan mulai diisi air Kementerian PUPRBedungen Tapin di Kalimantan Selatan mulai diisi air

JAKARTA, KOMPAS.com - Peraturan Pemerintah (PP) Penyelenggaraan Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum sebagai turunan dari Undang-undang ( UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja sedang disusun.

PP Penyelenggaraan Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum akan memberikan kemudahan terutama terkait pembebasan lahan untuk kepentingan umum

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofjan A Djalil mengatakan, selama ini yang menjadi hambatan dibangunnya infrastruktur fasilitas publik adalah pembebasan lahan.

"Pembebasan lahan itu kerap kali bermasalah, sehingga menghambat pembangunan infrastruktur untuk fasilitas publik," kata Sofyan dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Pemerintah Bakal Cabut Hak Tanah Pengusaha KI yang Jadi Spekulan

Sofyan mencontohkan pembangunan waduk atau bendungan. Jumlah infrastruktur sumber daya air di Indonesia ini sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah bendungan yang ada di Malaysia.

Padahal, Indonesia memiliki luas wilayah yang jauh lebih besar dibanding Malaysia. 

Untuk diketahui, hingga 2019 Indonesia baru memiliki 231 bendungan. Targetnya hingga 2024 mendatang dibangun 64 bendungan.

Karenanya, dengan keberadaan UU Cipta Kerja dan PP Penyelenggaraan Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum sebagai turunannya dapat mendukung pembangunan infrastruktur untuk masyarakat.

Dia menilai UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum selama ini sudah bagus untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, waduk, dan bandara.

Namun, UU tersebut masih perlu perbaikan. Karena dalam pelaksanaannya, masih menghadapi kendala terutama soal konsinyasi oleh pihak pengadilan.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X