Selain Irigasi, Kementerian PUPR Garap Konektivitas "Food Estate"

Kompas.com - 06/11/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi jembatan. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRIlustrasi jembatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meningkatkan konektivitas menuju lokasi pengembangan lumbung pangan baru atau kawasan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien.

"Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas disamping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," tegas Basuki dalam siaran pers, Jumat (6/11/2020).

Peningkatan konektivitas tersebut mencakup perbaikan kualitas jalan dan jembatan menuju Daerah Irigasi (DI) Dadahup, Kabupaten Kapuas dan DI Belanti, serta Kabupaten Pulang Pisau dengan total panjang 76,8 kilometer.

Pekerjaan tersebut diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp 792,37 miliar dengan skema kontrak tahun jamak (MYC).

Saat ini, progresnya masih dalam tahap lelang yang ditargetkan akan ditandatangani kontrak pembangunan pada pertengahan November 2020.

Baca juga: Berkongsi dengan WIKA dan Adipatria, HK Garap Saluran Air Food Estate

Untuk peningkatan konektivitas menuju DI Dadahup, total panjang penanganan 34,68 kilometer akan dibagi menjadi 3 paket pekerjaan dan peningkatan kondisi jembatan kawasan DI Dadahup sepanjang 60 meter.

Biaya yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini sebanyak Rp 336,96 miliar.

Kemudian, konektivitas menuju DI Belanti akan direncanakan dengan total panjang mencapai 41,85 kilometer.

Dalam konektivitas ke DI Belanti akan dibagi menjadi 5 paket pekerjaan dan peningkatan kondisi jembatan kawasan sepanjang 170 meter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X