Empat Hari Libur Panjang, 168.653 Kendaraan Lintasi Tol Cipali

Kompas.com - 29/10/2020, 19:15 WIB
Simpang susun Subang di ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali), terletak di wilayah Kertajati, Subang, Jawa Barat Furqon AbdiSimpang susun Subang di ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali), terletak di wilayah Kertajati, Subang, Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah 168.653 kendaraan melintasi Tol Cikopo-Palimanan selama empat hari cuti bersama dan libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Angka ini merupakan catatan selama empat hari mulai Senin (26/10/2020) hingga Kamis (29/2020). 

Menurut General Manager Operation ASTRA Tol Cipali Suyitno arus lalu lintas di Tol Cipali didominasi kendaraan Golongan I dengan puncak arus libur terjadi pada Rabu (28/10/2020) dengan angka 67.021 kendaraan.

"Angka ini mengalami kenaikan 136 persen dibandingkan lalu lintas normal harian pada hari yang sama," ujar Suyitno dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10/2020).

Dia menuturkan, pada masa cuti bersama dan libur panjang ini, ASTRA Tol Cipali menyiapkan manajemen lalu lintas situasional berkoordinasi dengan Kepolisian melalui beberapa mekanisme.

Baca juga: Astra Kampanyekan Bulan Keselamatan Berkendara di Tol Cipali

Antara lain pemasangan Median Water Barrier (MWB) dan Rubber Cone di lokasi depan Tempat Istirahat & Pelayanan ( TIP) yang bertujuan mencegah kendaraan pengguna jalan parkir di bahu jalan yang dapat mengakibatkan kemacetan di jalur.

Kemudian pelaksanaan buka-tutup TIP apabila sudah melebihi kapasitas dan terjadi kemacetan pada akses masuk.

Pengguna jalan disarankan untuk memasuki TIP berikutnya atau keluar di gerbang tol terdekat untuk beristirahat atau mengisi BBM dan selanjutnya masuk kembali ke Jalan Tol Cipali dengan tarif yang sama.

ASTRA Tol Cipali mengimbau pengguna jalan untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dan kendaraannya dengan memenuhi batas kecepatan sesuai ketentuan minimal 60 kilometer dan maksimal 100 kilometer per jam.

"Dan pada saat kondisi hujan, kecepatan maksimal 70 kilometer per Jam. Periksa tekanana ban Anda sebelum melakukan perjalanan," imbuh Suyitno.

ASTRA Tol Cipali juga mengimbau untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik sebelum memasuki ruas tol agar tidak terjadi kurang saldo saat bertransaksi di gardu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X